PENGARUH PERMAINAN EMOTION CARD (eCard) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI ANAK KELAS IV SDN AIRLANGGA II SURABAYA

NOVALIA PUSPITASARI, 110310753 (2007) PENGARUH PERMAINAN EMOTION CARD (eCard) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI ANAK KELAS IV SDN AIRLANGGA II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-puspitasar-7060-psi700-t.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (full text)
puspitasar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empiris pengaruh permainan emotion Card (eCard) terhadap peningkatan kecerdasan emosi anak kelas IV SD N Airlangga II Surabaya. Definisi dari kecerdasan emosi sebagai variabel terikat (y) didasarkan pada elemen atau aspek kecerdasan emosi yang dikemukakan oleh Goleman (2007) yakni meliputi kemampuan dalam mengenali emosi diri, mengelola emosi, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Kemudian variabel bebas (x) dalam penelitian ini adalah emotion card yang merupakan salah satu alternatif permainan yang menggunakan media berupa kartu bergambar yang menunjukan serangkaian alur peristiwa yang mengarah kepada suatu ekspresi emosi tertentu disertai dengan respon atau situasi yang melatarbelakanginya. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan nonrandomized pretest posttest control group design. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini yakni anak kelas IV A dan B SDN Airlangga II Surabaya. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dari dua kelompok kelas yang telah ditentukan tersebut, dilakukan dengan menggunakan random by group. Berdasarkan hal tersebut diperoleh lah kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah subjek 22 orang dan kelas IV-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah subjek sebanyak 16 orang. Bentuk perlakuan yang diberikan berupa permainan emotion card. Bentuk dari variasi pemberian perlakuan dalam penelitian ini menggunakan presence-absence type, yakni pemberian perlakuan hanya pada kelompok eksperimen. Alat pengumpul data berupa skala kecerdasan emosi dan metode observational sebagai penunjang data kuantitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.70/07 Pus p
Uncontrolled Keywords: CHILD PSYCHOLOGY; EMOTION IN CHILDREN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NOVALIA PUSPITASARI, 110310753UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, S.Psi.,M.PdUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 03 Jun 2008 12:00
Last Modified: 16 Jul 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26609
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item