MAKNA KEHIDUPAN JALANAN : SUATU STUDI KASUS PADA MANTAN ANAK JALANAN

Hayudiah Zulfah Masruri, 110210592 (2006) MAKNA KEHIDUPAN JALANAN : SUATU STUDI KASUS PADA MANTAN ANAK JALANAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-masrurihay-7181-psi140-k.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
gdlhub-gdl-s1-2008-masrurihay-7175-psi140-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai makna kehidupan jalanan pada mantan anak jalanan. Mantan anak jalanan dalam penelitian ini adalah mantan anak jalanan yang berkategori children of the street karena pada kategori ini anak jalanan sudah tidak atau sangat jarang pulang kerumah, dan menjadikan solidaritas teman sebagai ikatan mereka. Pada anak jalanan seperti ini terjadi proses subkultur sebagai akibat lekatnya identitas sosial antar mereka dan bentuk pertahanan dari pihak luar yang akhirnya membentuk pemaknaan-pemaknaan kehidupan yang spesifik. Penelitian ini melihat bagaimana mereka mau dan mampu untuk bertahan di jalan, dan setelah bertahan lebih dari lima tahun, memilih untuk berubah keluar dari kehidupan jalanan. Proses perubahan ini dilihat menggunakan metode managed learning milik Schein yang didasarkan pada konsep teori medan milik Kurt Lewin. Perubahan sedemikian rupa menciptakan pemaknaan akan kehidupan jalanan yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 14/08 Mas m
Uncontrolled Keywords: CHIL PSYCHOLOGY; STREET CHILDREN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Hayudiah Zulfah Masruri, 110210592UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 02 Jun 2008 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 09:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26652
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item