MILA SHAHRIANI, 119810253
(2005)
ANALISIS PSIKOGRAFIS DISTRIBUTOR MLM X DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Sejak krisis ekonomi melanda beberapa negara di kawasan Asia termasuk Indonesia, maka orang berbondong-bondong mencari sumber penghasilan lain melalui pekerjaan yang menghasilkan pendapatan cukup besar dan bersifat fleksibel dan mandiri, yaitu MLM. Bisnis ini berkembang cukup pesat di Indonesia, terbukti dari jumlah PT (Perseroan Terbatas) yang tergabung dalam APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) semakin bertambah dari tahun-ke tahun. Namun masalah market saturation jarang sekali dibahas dalam bisnis ini sehingga jumlah anggota yang cukup besar yang bergabung dalam bisnis ini tidak sepenuhnya efektif. Ada yang menjadi anggota MLM selama bertahun-tahun tapi tidak menunjukkan perkembangan sama sekali baik dalam pengembangan jaringan maupun perolehan profit. Untuk menghindari pemasaran massal baik dalam hal penjualan produk maupun perekrutan anggota baru yang dapat menyebabkan kejenuhan pasar maka perlu dilakukan segmentasi pasar, salah satunya dengan analisis psikografis. Jika telah diketahui karakteristik segmen yang terbentuk, maka dapat ditetapkan segmen manakah yang paling tepat untuk dijadikan traget market untuk pengembangan bisnis MLM X.
Actions (login required)
|
View Item |