Prima Avianti, 110110487
(2006)
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP TIPE AUDIENSI HOSTILE DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM PENGALAMAN PRESENTASI PADA MAHASISWA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik mengenai hubungan antara persepsi terhadap tipe audiensi hostile dengan tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi pada mahasiswa serta untuk mengetahui seberapa besar sumbangan persepsi terhadap tipe audiensi hostile terhadap tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi pada mahasiswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Tahun Angkatan 2004 dan Tahun Angkatan 2005 dengan populasi sebesar 165 orang mahasiswa. Jumlah subjek penelitian ini adalah 113 mahasiswa sedangkan 43 mahasiswa yang lain menjadi subjek ujicoba alat ukur (tryout).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional. Proses pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala likert dalam bentuk kuesioner. Peneliti menggunakan dua skala, yaitu skala persepsi terhadap tipe audiensi hostile dan skala tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi. Berdasarkan uji validitas diperoleh 46 item yang sahih dan 14 item gugur pada skala persepsi terhadap tipe audiensi hostile serta 50 item yang sahih dan 14 item gugur pada skala tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi. Pengujian reliabilitas dengan menggunakan teknik alpha cronbach dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,9620 untuk skala persepsi terhadap tipe audiensi hostile serta 0,9570 untuk skala tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi terhadap tipe audiensi hostile dengan tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi pada mahasiswa, sehingga sumbangan persepsi terhadap tipe audiensi hostile terhadap tingkat kecemasan dalam pengalaman presentasi dalam penelitian ini tidak dapat diprediksikan. Hal ini dibuktikan melalui penghitungan statistik dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Momment yang menghasilkan nilai korelasi (r,y) antara kedua variabel sebesar 0,131 dengan signifikansi 0,083 yang artinya hipotesis dalam penelitian ini ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |