PENGARUH PERSEPSI EXPRESSIVENESS, MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, NORMA SOSIAL DAN PERSEPSI KUALITAS SISTEM TERHADAP NIAT NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN SMS BANKING DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK BRI DI SURABAYA

KRISTA PANCASARI, 040510806 (2010) PENGARUH PERSEPSI EXPRESSIVENESS, MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, NORMA SOSIAL DAN PERSEPSI KUALITAS SISTEM TERHADAP NIAT NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN SMS BANKING DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK BRI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
2683.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menyikapi perdagangan bebas saat ini, dapat dipastikan bahwa tingkat persaingan yang terjadi dalam dunia usaha akan semakin ketat, tidak terkecuali dunia industri jasa perbankan di Indonesia. Teknologi informasi yang canggih dan handal menjadi parameter kemapanan sebuah bank. Bank BRI merupakan merupakan salah satu bank yang menyiapkan layanan e-banking salah satunya adalah SMS banking. Dengan memanfaatkan fasilitas SMS yang terdapat dalam telepon seluler dapat memberikan suatu manfaat, kemudahan dan kenyamanan layanan perbankan kepada nasabah, agar dapat melakukan transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasar teori untuk menguji persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan yang disertai variabel eksternal persepsi expressiveness, norma sosial dan persepsi kualitas sistem dalam mempengaruhi niat nasabah untuk menggunakan SMS banking dengan gender sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang memiliki tabungan di BRI Surabaya dan belum menggunakan layanan SMS banking BRI, tapi sudah mengetahui tentang layanan SMS banking BRI. Metode penelitian ini adalah purposive sampling dan accidental sampling dengan teknik analisis regresi linear berganda. Jumlah sampel sebesar 220 responden (110 responden laki-laki dan 110 responden perempuan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penting yang menentukan niat nasabah untuk menggunakan SMS banking pada laki-laki adalah variabel persepsi expressiveness, persepsi manfaat dan norma sosial, sedangkan pada perempuan adalah variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kualitas sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.77/11 Pan p
Uncontrolled Keywords: banks and banking
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
KRISTA PANCASARI, 040510806UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI HARTINI, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 28 Jan 2016 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 20:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2683
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item