PEMEROLEHAN KALIMAT ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ANAK CERIA UNIVERSITAS AIRLANGGA (KAJIAN PERKEMBANGAN BAHASA)

WAHYU YULIANTO, 120510977 (2009) PEMEROLEHAN KALIMAT ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ANAK CERIA UNIVERSITAS AIRLANGGA (KAJIAN PERKEMBANGAN BAHASA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yuliantowa-16382-fsbi22-k.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yuliantowa-13788-fsbi22-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perkembangan bahasa anak yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan pemerolehan kalimat anak usia 3-4 tahun di PAUD Anak Ceria Unair. Metode yang akan digunakan adalah cross-sectional yang merupakan desain metode yang menggunakan satu titik waktu tertentu dengan lebih dari satu subjek penelitian. Beberapa teori yang digunakan sebagai acuan adalah teori perkembangan manusia, teori perkembangan bahasa dari teori nativis, behavioris, hingga teori kognitif Piaget. Kemudian sebagai kajian sintaksis di sini teori sintaksis tentu saja merupakan teori pokok disamping teori pemerolehan/perkembangan bahasa. Penelitian di lakukan selama kurang lebih dua minggu dengan menggunakan metode simak dan cakap dengan teknik simak libat cakap. Data yang diambil marupakan hasil dari catatan dan rekaman dengan menggunakan kamera audio-visual. Hasilnya penelitian ini telah menemukan berbagai macam jenis kalimat yang telah mampu dikuasai anak dan yang masih dalam tataran dipahami dengan artian masih belum digunakan. Kalimat-kalimat yang secara universal dikuasai oleh anak usia 3-4 tahun adalah kalimat deklaratif, interogatif, imperatif dan ekslamatif. Kemudian muncul juga kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Untuk kalimat majemuk kebanyakan anak usia tiga tahun masih jarang muncul, meski sebenarnya mereka sudah mampu. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perkembangan bahasa sejalan dengan perkembangan kognitif anak. Kontribusi PAUD sebagai lembaga pendidikan sangat menunjang kemampuan anak dalam menyerap kemampuan berbahasa (kompetensi linguistik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 22/ 10 Yul p
Uncontrolled Keywords: EDUCATION IN CHILDREN; SOCIOLINGUISTICS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU YULIANTO, 120510977UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLuita Aribowo, S.S., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 02:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26977
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item