Dinda Ayu Kurniasari, 120610172 (2010) RETORIKA PERSUASIF DALAM PROGRAM MARIO TEGUH GOLDEN WAYS DI METRO TV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniasari-ABSTRAK.pdf Download (671kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniasari-FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Retorika Persuasif Mario Teguh dalam Memotivasi Pemirsa Program Mario Teguh Golden Ways di Metro TV” bertujuan memperoleh gambaran tentang konstruksi retorika persuasif Mario Teguh dan model-model pengaruh sosial yang dipakai dalam tindak persuasinya. Secara umum, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah retorika persuasif Mario Teguh yang meliputi: konstruksi retorika dan model-model pengaruh persuasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif karena penelitian dilakukan dengan mengamati suatu fenomena bahasa dalam kurun waktu tertentu. Pada metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat dan rekam. Penelitian ini pengelompokan tindak tutur retorik dalam bentuk tanya-jawab yang disampaikan Mario Teguh, kemudian mendeskripsikan dan menganalisis tiap-tiap tindak tutur retoris tersebut sesuai dengan studi retorika sehingga dapat menunjukkan pola komunikasi retorik yang digunakan dalam mempersuasi pemirsa Mario Teguh Golden Ways Hasil penelitian dengan judul “Retorika Persuasif dalam Program Mario Teguh Golden Ways di Metro TV” menunjukkan bahwa Mario Teguh sebagai komunikator telah memenuhi butir-butir tahap penyusunan pesan Allan H. Monroe dan prinsip-prinsip komposisi dalam retorika. Model-model pengaruh persuasif yang digunakan sebagai senjata dalam mempengaruhi resipiens terdiri dari: pengaruh rasa suka (faktor pengondisian dan asosiasi, faktor pujian, faktor kerjasama), senjata pengaruh komitmen dan konsisten (kondisi ketidakpastian dan kondisi kesamaan), senjata pengaruh otoritas (simbol otoritas: title dan menunjukkan kondisi yang tidak diinginkan), senjata pengaruh timbal balik, prinsip kepentingan, prinsip kontras, prinsip psikologi umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI 79/ 10 Kur r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | RHETORIC; TELEVISION PROGRAM | ||||||
Subjects: | P Language and Literature | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | ||||||
Date Deposited: | 25 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27034 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |