Aspek Kemiskinan dalam Kumpulan Cerpen Rumah Bambu Karya Y.B. Mangunwijaya

Wildansyah Basthomy, 120410725 (2012) Aspek Kemiskinan dalam Kumpulan Cerpen Rumah Bambu Karya Y.B. Mangunwijaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial dan aspek kemiskinan dalam masyarakat pada kumpulan cerpen Rumah Bambu. Untuk mencari nilai sosial dan aspek kemiskinan dalam masyarakat pada kumpulan cerpen Rumah Bambu, peneliti memanfaatkan metode kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Adapun landasan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural. Teori struktural dimanfaatkan untuk membongkar jalinan unsur tema, penokohan, alur dan latar yang membangun keutuhan cerita. Teori lain yang dimanfaatkan untuk penelitian ini adalah teori sosiologi sastra yang mengandaikan karya sastra adalah dokumen dan potret dari kenyataan, ekspresi kehidupan. Dengan cara kerja tersebut diharapkan dapat menangkap pesan dan amanat penulis melalui unsur-unsur intrinsik teks. Analisis struktural terhadap kumpulan cerpen Rumah Bambu menunjukkan bahwa unsur-unsur yang membangun cerpen tersebut, terbentuk secara utuh dan terpadu. Melalui pemanfaatan teori struktural yang berorientasi sosiologis lewat unsur tema, alur, tokoh dan latar, nuansa kemiskinan baik secara eksplisit maupun implisit dapat dengan mudah ditemukan. Hasil analisis sosial tentang profil kemiskinan kehidupan masyarakat desa, meliputi cara pemenuhan kebutuhan praktis, pendapatan lebih kecil dari pengeluaran, dan pandangan hidup dalam sosial budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.11 12 Bas a
Uncontrolled Keywords: SHORT STORY
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Wildansyah Basthomy, 120410725UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ratnawati,, Dra. Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 02:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item