TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM FILM JAKARTA MAGHRIB KARYA SALMAN ARISTO

FAUZIAH RACHMA YANTI, 120810268 (2012) TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM FILM JAKARTA MAGHRIB KARYA SALMAN ARISTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tindak tutur dalam film Jakarta Maghrib karya Salman Aristo. Tindak tutur merupakan perilaku berbahasa seseorang yang berupa tindak ujaran seseorang dalam situasi atau posisi ujaran tertentu. Tindak tutur dalam situasi atau posisi ujaran tertentu juga digunakan dalam dialog film. Dialog film merupakan proses komunikasi yang cukup unik, karena di dalamnya terdapat proses komunikasi yang tidak wajar seperti proses komunikasi sehari-hari sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur dalam dialog film. Hal ini ditinjau dari (1) bentuk dialog yang mengandung tindak tutur lokusi, (2) bentuk dialog yang mengandung tindak tutur ilokusi, dan (3) bentuk dialog yang mengandung tindak tutur perlokusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif, karena penelitian dilakukan dengan mengamati suatu fenomena bahasa dalam kurun waktu tertentu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap, yakni (1) observasi, (2) menyimak, (3) mencatat (mentraskrip), (4) klasifikasi data, (5) memasukkan data dalam bentuk dialog. Sumber datanya berwujud percakapan (dialog) yang dilakukan oleh aktor maupun aktris yang ada dalam film tersebut. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Bentuk dialog yang mengandung unsur tindak tutur dapat diklasifikasikan menjadi (1) tindak tutur lokusi, (2) tindak tutur ilokusi, dan (3) tindak tutur perlokusi. Pada penelitian ini juga ditemukan fungsi tindak tutur ilokusi, antara lain: (1) fungsi ilokusi asertif, (2) fungsi ilokusi direktif, (3) fungsi ilokusi ekspresif, dan (4) fungsi ilokusi komisif. Namun, fungsi ilokusi deklarasi tidak ditemukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.18 12 Yan t
Uncontrolled Keywords: FILM
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
FAUZIAH RACHMA YANTI, 120810268UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 04:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item