VARIASI BAHASA DALAM KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN ETNIS JAWA-SUNDA DI SURABAYA Suatu Kajian Sosiolinguistik

Lutfiana Winda, 120710044 (2012) VARIASI BAHASA DALAM KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN ETNIS JAWA-SUNDA DI SURABAYA Suatu Kajian Sosiolinguistik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini dideskripsikan adanya variasi bahasa pada keluarga perkawinan campuran Jawa-Sunda di Surabaya dengan kajian Sosiolinguistik. Kajian ini menelaah mengenai variasi bahasa dalam keluarga perkawinan campuran Jawa-Sunda yang ada di kota Surabaya khususnya di kelurahan Ploso. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiolinguistik. Penelitian ini mendeskripsikan variasi bahasa dalam keluarga campuran Jawa-Sunda ditinjau dari segi percakapan sehari-hari yang terjadi antara suami, istri, dan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, analisis dilakukan dengan cara mengindentifikasi variasi bahasa campuran dalam keluarga perkawinan campur Jawa-Sunda yang ada di kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi bahasa campuran dalam keluarga perkawinan campur Jawa-Sunda yang ada di kota Surabaya khususnya kecamatan Ploso mengalami percampuran bahasa melalui interaksi, baik antara orang tua (suami-istri) maupun antara orang tua dengan anak. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian variasi bahasa meliputi faktor-faktor sosial (lingkungan, lama tinggal, dan pendidikan) dan faktor situasional (topik pembicaraan, situasi, usia, jenis kelamin, dan kekerabatan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.21 12 Win v
Uncontrolled Keywords: SOCIOLINGUISTIC
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Lutfiana Winda, 120710044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBea Anggraini,, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item