KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL DI PONDOK PESANTREN ISLAM AN- NAJIYAH SURABAYA

ANA DWI SUSANTI, 120810411 (2012) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL DI PONDOK PESANTREN ISLAM AN- NAJIYAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesantunan dalam berbahasa merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap masyarakat saat berkomunikasi. Dalam berkomunikasi,norma-norma itu tampak dari perilaku verbal maupun perilaku nonverbalnya. Perilaku verbal dalam fungsi imperatif misalnya, terlihat pada bagaimana penutur mengungkapkan perintah, keharusan atau larangan untuk melakukan sesuatu kepada mitratutur, sedangkan perilaku nonverbal tampak dari bentuk mimik, gerak-gerik tubuh, sikap atau perilaku yang mendukung pengungkapan kepribadian seseorang. Penelitian ini berjudul “Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial di Pondok Pesantren Islam An- Najiyah Surabaya”. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah wujud kesantunan berbahasa verbal dan wujud kesantunan berbahasa nonverbal dalam interaksi sosial di Pondok Pesantren Islam An- Najiyah Surabaya dan faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial di Pondok Pesantren Islam An-Najiyah Surabaya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran wujud kesantunan berbahasa verbal dan wujud kesantunan berbahasa nonverbal dalam interaksi sosial di Pondok Pesantren Islam An- Najiyah Surabaya dan faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial di Pondok Pesantren Islam An- Najiyah Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Dalam kajiannnya, metode deskriptif menjelaskan data atau objek secara natural, objektif, dan faktual (apa adanya). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan metode cakap. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode pragmatis untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial di Pondok Pesantren Islam An- Najiyah Surabaya. Hasil analisis data disajikan secara informal yaitu perumusan dengan kata-kata biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.26 12 Sus k
Uncontrolled Keywords: LINGUISTIC ; PRAGMATICS
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ANA DWI SUSANTI, 120810411UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani,, Dra. M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 08:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item