ANGGA FERY, 120710280 (2012) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG 1929-1945. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk membahas perkembangan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang (1929-1945), dimana pondok pesantren ini mengalami tiga zaman perubahan yaitu dari zaman kolonial Belanda, Jepang dan awal perang kemerdekaan Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang lebih banyak memakai sumber lisan yang juga didukung dengan sumber tertulis, terkait dengan perkembangan yang terjadi di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang . Dalam peranannya sebagai salah satu alat dalam memcerdaskan bangsa, pondok pesantren ini cukup kontributif dalam smbangannya khususnya di tengah-tengah masyarakat Jombang dan umumnya pada masyarakat Indonesia. Perubahan sistem pendidikan Pondok Pesantren Tebuireng dimulai pada tahun 1929 dengan mendirikan sebuah madrasah dan memasukkan pelajaranpelajaran umum seperti ilmu bumi, berhitung dan menulis latin. Perubahan pun dilkukan oleh K.H Wahid Hasy’im dengan memasukkan ilmu-ilmu umum, ia lebih fokus pada bahasa seperti memasukkan bahasa Indonesia, Belanda, Inggris kedalam kurikulum pendidikan. Perubahan sistem pendidikan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Tebuireng ini baru terasa dampaknya pada masa penjajahan Jepang, karena banyak alumni dari Pondok Pesantren Tebuireng yang berkerja di kantor pemerintahan Jepang. Pada masa Jepang ini juga terdapat suatu peristiwa yang menggemparkan, dimana K.H Hasyim Asy’ari ditangkap karena beliau menolak melakukan saikerei, sehingga kegiatan pendidikan di Pondok Pesantren Tebuireng sempat terhenti kurang lebih selama 4 bulan. Pada masa penjajahan Jepang Pondok Pesantren Tebuireng dalam sistem pendidikannya dipengaruhi oleh idiologi Hakko Ichi-u. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tebuireng mangalami banyak perubahan dari tiga zaman tersebut dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang memiliki peranan yang sangat penting dalam mencerdaskan bangsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.SEJ.12/12 Ang p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MOSLEM | ||||||
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27119 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |