VARIASI BAHASA PADA DIALOG FILM RED COBEX: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

NURUNNISA’ AL FITHRIYAH, 120810272 (2012) VARIASI BAHASA PADA DIALOG FILM RED COBEX: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-fithriyahn-21758-7.abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
354.gdlhub-gdl-s1-2012-anisanur-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kajian yang berjudul Variasi Bahasa pada Dialog Film Red Cobex: Kajian Sosiolinguistik ini akan membahas mengenai pemakaian variasi bahasa dari segi penutur yang meliputi dialek para pemain yang memiliki latar belakang etnis berbeda-beda dan sosiolek dari para pemain film tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan variasi dialek dan variasi sosiolek dalam dialog film Red Cobex. Variasi bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keragaman bahasa yang digunakan oleh para penutur pada film Red Cobex ketika berkomunikasi dalam satu Geng Red Cobex dengan masyarakat di sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode simak bebas libat cakap (SBLC). Metode simak dilakukan dengan cara menyimak tuturan atau penggunaan bahasa para pemain dalam film Red Cobex. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat, yaitu mencatat segala bentuk percakapan yang diujarkan oleh para pemain dalam film Red Cobex. Pencataan terhadap dialog pemain film ini dilakukan pada bulan Mei 2012 sampai bulan Juni 2012. Penelitian ini memuat faktor-faktor sosial dalam satu Geng Red Cobex dengan masyarakat di sekitarnya. Hal ini menentukan variasi bahasa yang dipergunakan oleh seseorang. Faktor sosial yang mempengaruhi pemakaian bahasa antara lain status sosial, tingkat pendidikan, umur, jenis kelamin, dan sebagainya. Adanya berbagai faktor sosial tersebut menentukan penggunaan bahasa penuturnya. Selain itu juga terdapat dialek-dialek yang menunjukkan bahwa film ini mengandung variasi bahasa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang luas kepada masyarakat tentang macam-macam bentuk variasi bahasa yang belum dikenal oleh masyarakat. Macam-macam bentuk variasi bahasa tersebut juga terdapat dalam film Red Cobex.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.44/12 Fit v
Uncontrolled Keywords: FILM
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NURUNNISA’ AL FITHRIYAH, 120810272UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, , S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Dec 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 08:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item