PERSPEKTIF PERIBAHASA BAGI MASYARAKAT JAWA DI KECAMATAN PURWOASRI, KEDIRI: ANALISIS BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI

SITI AMINATU NUR CHULASHOH, 120911081 (2013) PERSPEKTIF PERIBAHASA BAGI MASYARAKAT JAWA DI KECAMATAN PURWOASRI, KEDIRI: ANALISIS BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-chulashohs-27765-6.abstr-k.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.22-13 Chu p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peribahasa merupakan kalimat atau kumpulan kata yang tetap susunannya dan merupakan salah satu bentuk puisi lama. Setiap daerah memiliki peribahasa masing-masing. Peribahasa tersebut masih berkembang hingga sekarang, salah satunya di wilayah kecamatan Purwoasri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis bentuk, makna, dan fungsi peribahasa bagi masyarakat Jawa di kecamatan Purwoasri, Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi peribahasa bagi masyarakat Jawa di kabupaten Kediri, khususnya di Kecamatan Purwoasri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan di dalam masyarakat bahasa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ditemukannya beberapa bentuk peribahasa Indonesia yang berkembang di Purwoasri, di antaranya pepatah, ungkapan, perumpamaan, tamsil, dan pemeo, sedangkan bentuk peribahasa Jawa di antaranya paribasan, bebasan, dan saloka. (2) Makna dari suatu peribahasa dapat tersirat secara langsung maupun tidak langsung dan ada yang sudah tidak sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini. (3) Fungsi dari peribahasa sangat beragam, di antaranya sebagai alat pengajaran atau pendidikan, nasehat, semboyan atau pedoman hidup, penguat maksud tuturan, dan sebagai sindiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 22/13 Chu p
Uncontrolled Keywords: PERSPEKTIF PERIBAHASA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P221 Phonology and Phonetics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
SITI AMINATU NUR CHULASHOH, 120911081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani,, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27246
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item