IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM TUTURAN TAYANGAN TALK SHOW KOMEDI “SHOW IMAH” DI TRANS TV: KAJIAN PRAGMATIK

ATIKA MALIUNA, 120911073 (2013) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM TUTURAN TAYANGAN TALK SHOW KOMEDI “SHOW IMAH” DI TRANS TV: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-maliunaati-27775-6.abstr-k.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.27-13 Mal i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tayangan ”Show Imah” merupakan acara talk show komedi yang terdapat percakapan di dalamnya tersebut disampaikan secara tidak langsung dengan melakukan pelanggaran terhadap prinsip kerja sama. Penyimpangan ini menimbulkan implikatur percakapan. Implikatur percakapan adalah sebuah teori yang dikemukakan oleh Grice dengan tujuan untuk memperhitungkan apa yang disarankan atau apa yang dimaksud oleh penutur sebagai hal yang berbeda dari apa yang dinyatakan secara harfiah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan pragmatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan penyimpangan prinsip kerja sama dan implikatur percakapan dalam tuturan tayangan ”Show Imah”. Penelitian ini menggunakan teori implikatur percakapan dan teori prinsip kerja sama. Teori-teori tersebut dapat membantu untuk menemukan makna implikatur percakapan dalam tuturan tayangan ”Show Imah”. Hasil penelitian ini adalah tuturan yang melanggar prinsip kerja sama dan mengandung implikatur percakapan. Dari tujuh episode ditemukan tiga puluh delapan penyimpangan terhadap prinsip kerja sama yang mengandung makna implikatur percakapan. Para pengisi acara dalam tayangan ”Show Imah” melakukan penyimpangan terhadap prinsip kerja sama dari empat maksim, yakni maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan/cara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 27/13 Mal i
Uncontrolled Keywords: KAJIAN PRAGMATIK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ATIKA MALIUNA, 120911073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono,, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 03:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27251
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item