PENYIMPANGAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP SOPAN SANTUN DALAM RAPAT DINAS TERBUKA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KOTA SURABAYA

NURUL UFIANA CHARISNA AQMAL, 120911140 (2013) PENYIMPANGAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP SOPAN SANTUN DALAM RAPAT DINAS TERBUKA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-aqmalnurul-27827-6.abstr-k.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.47-13 Aqm p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

“Penyimpangan Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Sopan Santun dalam Rapat Dinas Terbuka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya” merupakan judul dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis penyimpangan prinsip kerja sama dalam rapat dinas terbuka DPRD Kota Surabaya dan (2) jenis-jenis penyimpangan prinsip sopan santun dalam rapat dinas terbuka DPRD Kota Surabaya. Sumber data penelitian adalah semua tuturan DPRD Kota Surabaya dan tamu undangan rapat. Peneliti ini difokuskan pada permasalahan prinsip kerja sama dan prinsip sopan santun pada rapat dinas terbuka DPRD Kota Surabaya yang dikaji secara pragmatik. Data yang diperoleh menggunakan metode simak, rekam, catat dan cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah pengolahan data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di DPRD Kota Surabaya menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Jenis penyimpangan prinsip kerja sama yang terdiri dari penyimpangan tunggal. Penyimpangan tunggal meliputi penyimpangan maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan (2) Jenis penyimpangan prinsip sopan santun yang terdiri dari penyimpangan tunggal. Penyimpangan tunggal meliputi penyimpangan maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, maksim simpati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 47/13 Aqm p
Uncontrolled Keywords: SOPAN SANTUN
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NURUL UFIANA CHARISNA AQMAL, 120911140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri,, Drs., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Oct 2013 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item