DESKRIPSI KEMAMPUAN PRODUKSI DAN PEMAHAMAN UJARAN PENDERITA STROKEDENGAN AFASIA DI LAB/SMF. RSUD. Dr. SOETOMO SURABAYAKAJIAN PSIKOLINGUISTIK

LAISYAH FITRI KHOMARIA, 120810412 (2013) DESKRIPSI KEMAMPUAN PRODUKSI DAN PEMAHAMAN UJARAN PENDERITA STROKEDENGAN AFASIA DI LAB/SMF. RSUD. Dr. SOETOMO SURABAYAKAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul "Deskripsi Kemampuan Prodllksi Dan Pemahaman Ujaran Penderita Stroke dengan Afasia Di Lab/SMF Smat' Rsud Dr. Soetomo Surabaya: Kajian Psikolinguistik", bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan produksi dan pemahaman ujaran pada penderita stroke yang mengalami gangguan berbicara, dalam dunia medb disebut sebagai afasia. Jenis afasia yang diteliti adalah afasia broca dan afasia wernicke. Metode yang digunakan daJam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adaJah metode simak libat cakap. Data diperoleh dengan cara observasi, teknik rekam dan catat. HasH dari penelitian ini adalah data berupa ujaran kata-kata yang mereka ujarkan berdasarkan pertanyaan, konversasi. dan perintahisurllhan yang telah diberikan. Berdasarkan hasiJ anal isis tersebut. maka dapat disimpulkan bahwa pada pasien afasia semua modalitas berbahasa sedikitbanyak terganggu. Secara umum. kemampuan produksi lIjaran dan pemahaman mereka tentang suatu ujaran mcngalami pcnllrunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 72/13 Kho d
Uncontrolled Keywords: PSIKOLINGUISTIK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P221 Phonology and Phonetics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
LAISYAH FITRI KHOMARIA, 120810412UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani,, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 30 Dec 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item