PENYIMPANGAN PRINSIP SOPAN SANTUN DALAM TAYANGAN HUMOR OPERA VAN JAVA DI TRANS 7

DIAN NUGRAHENI, 120710062 (2011) PENYIMPANGAN PRINSIP SOPAN SANTUN DALAM TAYANGAN HUMOR OPERA VAN JAVA DI TRANS 7. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nugrahenid-19475-fsbi26-k.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nugrahenid-16245-fsbi26-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penyimpangan prinsip sopan santun dalam Opera Van Java. Di dalam tuturan Opera Van Java banyak mengandung tuturan-tuturan yang menyimpang dari prinsip sopan santun sehingga dapat menimbulkan kelucuan tersendiri. Penyimpangan prinsip sopan santun dalam Opera Van Java yaitu dimana sebagian dari tuturan para pemainnya tidak mematuhi prinsip sopan santun sehingga tuturannya menjadi tidak sopan. Tetapi dalam Opera Van Java tuturan yang mengandung penyimpangan adalah salah satu sumber kelucuan yang dapat menarik minat pemirsa. Penelitian ini membahas bagaimanakah bentuk-bentuk penyimpangan prinsip sopan santun dalam tayangan humor Opera Van Java serta penyebab terjadinya penyimpangan prinsip sopan santunnya. Hasil dari penelitian ini adalah di dalam tuturan para pemain Opera Van Java ditemukan adanya penyimpangan prinsip sopan santun dari keenam maksim prinsip sopan santun, yang paling banyak disimpangkan adalah maksim pujian yaitu melakukan kecaman terhadap lawan tutur sebanyak 9 penyimpangan. Hal ini disebabkan penutur seringkali melemparkan lelucon yang bersifat kecaman terhadap lawan tutur. Dan penyebab dari penyimpangan prinsip sopan santun antara lain kritik secara langsung dengan menggunakan kata kasar, dorongan rasa emosi penutur, proteksi terhadap pendapat, sengaja menuduh lawan tutur, dan memojokkan lawan tutur. Selain itu juga adanya keinginan untuk memunculkan efek lucu adalah salah satu aspek yang menyebabkan penyimpangan prinsip sopan santun dalam suatu komedi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 26/11 Nug p
Uncontrolled Keywords: REALITY SHOW
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DIAN NUGRAHENI, 120710062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono,, Drs. M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 10 Aug 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 03:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27711
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item