PERANAN BAHASA IKLAN GLOBAL TV TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 7 – 9 TAHUN DI KECAMATAN BUDURAN- SIDOARJO KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

ANIK PURNAWIRAWANTI, 120710052 (2011) PERANAN BAHASA IKLAN GLOBAL TV TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 7 – 9 TAHUN DI KECAMATAN BUDURAN- SIDOARJO KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
index.html

Download (11kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-purnawiraw-18523-fsbi39-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “ Peranan Bahasa Iklan di Global TV terhadap pemerolehan Bahasa Anak Pada Usia 7 – 9 Tahun di Kecamatan Buduran-Sidoarjo: Kajian Psikolinguistik” bertujuan mendeskripsikan bahasa iklan di Global TV terhadap pemerolehan bahasa anak yang ditinjau dari penggunaan bahasa anak pada usia 7-9 tahun di Kecamatan Buduran-Sidoarjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bahasa iklan yang tayang di sela jeda film Spoeng Bob Square Pants di Global TV. Iklan yang tayangan tersebut merupakan iklan makanan anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data dan mengkaji data, serta mempelajari fenomena-fenomena kebahasaan melalui kata-kata atau gambaran ciri-ciri data secara akurat sesuai sifat alamiah kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia 7-9 tahun menggunakan dua bahasa ketika berkomunikasi dengan orang lain yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Pemerolehan bahasa anak yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, meliputi lingkungan keluarga, lingkungan bermain, kebiasaan anak melihat berbagai tayangan televisi, dan faktor dalam diri anak melalui memori anak atau daya ingatan. Bahasa iklan di Global TV terhadap pemerolehan bahasa anak dari kebiasaan anak melihat berbagai tayangan iklan di sela jeda film. Hal ini berpengaruh ketika anak yang melihat acara televisi secara teratur dengan waktu yang relatif lama akan dapat mengetahui pemerolehan kosakata anak. Pemerolehan bahasa anak dapat diketahui ketika anak berkomunikasi dengan lingkungannya serta perkembangan bahasa anak melalui perilaku berbahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fs BI 39/11 Pur p
Uncontrolled Keywords: LANGUAGE AND LANGUAGES; CHILD
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ANIK PURNAWIRAWANTI, 120710052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. , M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2012 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item