PENERAPAN PRINSIP KERJA SAMA GRICE DAN BENTUK KEGAGALAN PRINSIP KERJA SAMA PADA PROGRAM TALK SHOW MATA NAZWA DI METRO TV

Nurvani Saindra Wardhani, 120710176 (2011) PENERAPAN PRINSIP KERJA SAMA GRICE DAN BENTUK KEGAGALAN PRINSIP KERJA SAMA PADA PROGRAM TALK SHOW MATA NAZWA DI METRO TV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
index.html

Download (11kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-wardhaninu-18535-fsbi45-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan penerapan prinsip kerja sama Grice dan bentuk kegagalan kerja sama yang terdapat dalam dialog pada program talk show Mata Nazwa di Metro TV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik. Penelitian ini mendeskripsikan unsur kerja sama baik ditinjau dari segi penerapan maupun segi bentuk kegagalannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Teknik yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap. Dalam teknik simak bebas libat cakap penulis tidak terlibat langsung dalam dialog, sedangkan analisisnya dilakukan dengan cara mengindentifikasi penerapan kerja sama dan bentuk-bentuk kegagalan prinsip kerja sama yang terdapat dalam dialog pada program Mata Nazwa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada program talk show Mata Nazwa di Metro TV telah menganut unsur kerja sama terbukti dengan adanya penerapan terhadap maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan atau relevansi dan maksim cara. Namun yang lain juga ada beberapa pelanggaran, pengabaian dan pengalihan prinsip kerja sama yang terjadi di dalam dialog yang kemudian disebut sebagai kegagalan prinsip kerja sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 45 11 War p
Uncontrolled Keywords: PRAGMATIK
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works > AC801-895 Inaugural and program dissertations
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Nurvani Saindra Wardhani, 120710176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. , M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2012 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item