BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI PROKEM BAGI MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA : Suatu Kajian Sosiolinguistik

Yunita Suryani, 120110243 (2006) BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI PROKEM BAGI MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA : Suatu Kajian Sosiolinguistik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
8.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2006-suryaniyun-1559-fs_bi_10-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul "Bentuk, Makna, dan Fungsi Prokem Bagi Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya: Suatu Kajan Sosiolinguistik" ini, berusaha mengungkapkan bentuk-bentuk bahasa prokem yang digunakan oleh Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (MITS), proses pembentukannya, apakah makna dan fungsi bahasa prokem tersebut serta faktor-faktor apakah yang mempengaruhi penggunaan bahasa prokem MITS. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Pendeskripsian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan penggunaan bahasa prokem MITS. Metode deskriptif kualitatif semata-mata hanya berdasarkan fakta atau fenomena yang secara empiris hidup pada penuturnya, sehingga yang dihasilkan paparan seperti apa adanya. Pendekatan kualitatif berupa data tertulis yang melibatkan data lisan di masyarakat bahasa atau yang disebut informan (penutur asli bahasa yang diteliti). Pendekatan yang melibatkan masyarakat bahasa ini diarahkan pada latar dan individu yang bersangkutan secara holistik (utuh) dilihat sebagai bagian dari suatu kesatuan yang utuh. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik, salah satu diantaranya pandangan Fishman tentang komunikasi, yaitu empat komponen bahasa (1) pembicara (partisipan) dan orang yang diajak bicara (persona), (2) sasaran dan i$i pembicaraan, (3) sarana (ragam bahasa yang digunakan) dan (4) suasana dab setting pembicaraan. Atau dengan istilah "who speaks what language to whom, when and what end", pembentukan kata, serta teori pola makna. Teori-teori tersebut dapat mengungkapkan penggunaan bahasa prokem yang dipakai oleh MITS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 10/06 Sur b
Uncontrolled Keywords: SOCIOLINGUISTICS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Yunita Suryani, 120110243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, S.S.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 02 Aug 2006 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27819
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item