ORIENTASI HOMOSEKSUAL TOKOH DALAM NOVEL INI DIA, HIDUP KARYA EZINKY

Noffie Nursetyaning Purti, 120110234 (2006) ORIENTASI HOMOSEKSUAL TOKOH DALAM NOVEL INI DIA, HIDUP KARYA EZINKY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2006-purtinoffi-1567-fs_bi_12-6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karya sastra yang beredar di Indonesia, belakangan ini, semakin berani mengangkat permasalahan seksualitas. Mulai dari eksploitasi seksual hingga perbedaan orientasi seksual. Peneliti, dalam hal ini, lebih tertarik dan menitik beratkan penelitian pada karya sastra Indonesia, yang mengangkat tema homoseksualitas. Skripsi berjudul Orientasi Homoseksuul Tokoh Dalam Novel Ini Dia, Hidup Karya Ezinky ini, mencoba menguraikan permasalahan perbedaan orientasi seksual, yang telah menjadi fenomena masyarakat. Permasalahan yang muncul kemudian adalah mengenai konstruksi dan perkembangan homoseksualitas, konstruksi teks terhadap para tokoh homoseksual dalam karya sastra berupa novel dengan judul Ini Dia, Hidup, (lebih lanjut akan disingkat menjadi IDH), dan orientasi homoseksual tokoh berikut representasinya terhadap realitas masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah selain sebagai persyaratan kelulusan, juga bertujuan (secara garis besar) untuk mengetahai bagaimana representasi homoseksual dalam sebuah novel. Dengan menggunakan teori representasi Stuart Hall, dengan menggunakan pendekatan konstruksionis dan penggunaan metode kualitatif (memanfaatkan studi pustaka) dan pencarian di beberapa website, diharapkan penelitian ini dapat menunjukkan bagaimana realita masyarakat mengenai homoseksualitas yang direpresentasikan lewat konstruksi teks pada novel IDH. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, homoseksualitas terjadi karena adanya pergeseran sikap dan gaya hidup. Homoseks identik dengan kaum yang glamour dengan kelas sosial menengah, karena mereka lebih dominan di masyarakat, mereka juga sering menduduki profesi-profesi kelas menengah, seperti fashion, make up artist, dan lain sebagainya. Hal diatas itulah yang menjadi salah satu dasar dari pengisahan salah satu tokoh utama dalam novel IDH. Tokoh-tokoh utama yang lain, direpresentasikan berdasarkan realita masyarakat. Dari penelitian diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa homoseksualitas merupakan orientasi seksual yang dilakukan oleh seseorang (dengan berbagai sebab akibat) yang masih sulit diterima dan mendapat pengakuan publik. Masyarakat Indonesia menganggap bahwa homoseksual merupakan perbuatan abnornal/menyimpang dari norma agama, adat, dan budaya. Oleh karena sedikitnya kaum homoseks dan berbedanya pilihan orientasi seksual mereka, maka kaum homoseksual menjadi kaum marjinal. Kaum marjinal tersebut, memiliki hak untuk mempertahankan eksistensi mereka dengan cara "menunjukkan diri" di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang heteroseksual. Toleransi terhadap sesama manusia adalah kunci utama untuk kehidupan bermasyarakat. Menjadi gay dan lesbian merupakan pilihan hidup dan sebuah kebebasan bagi setiap individu, untuk menjadi siapa saja seperti yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI. 12/06 Put o
Uncontrolled Keywords: HOMOSEXUALITY IN LITERATURE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Noffie Nursetyaning Purti, 120110234UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdi Setijowati, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 03 Aug 2006 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item