Dheal Ephin Lufiga (2015) Desain Quadcopter Dengan Kestabilan Terbang Optimal. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (245kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (173kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 22 June 2023. Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 June 2023. Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 June 2023. Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 June 2023. Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 June 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Telah dilakukan pembuatan sebuah desain quadcopter dengan menggunakan metode tuning dengan tiga variasi pada nilai PID agar didapatkan suatu hasil terbang yang optimal. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sebuah flight control jenis ardupilot mega 2.6, empat buah motor brushless 750 KV, empat buah ESC ( Electronic Speed Control ) 20 ampere, 3DR GPS + compass, Telemetry dua arah, Battery lipo 11,1 volt, sonar, propeller dan remote control + receiver. Penelitian dilakukan mulai dari pembuatan desain dari quadcopter. Setelah itu dilakukan proses perakitan komponen elektronik pada quadcopter dan selanjutnya dilakukan uji terbang. Dalam penelitian ini telah didapatkan desain dari quadcopter dengan ukuran 0,34 meter x 0,34 meter x 0,27 meter dan massa total 1,704 kg. Dari hasil proses tuning telah didapatkan hasil terbang quadcopter menggunakan mode stabilize paling optimal dengan nilai Proportional 0,0940 ; Integratif 0,1000 dan Derivatif 0,0040. Setelah didapatkan hasil terbang paling optimal selanjutnya dilakukan uji terbang quadcopter dengan menggunakan mode loiter. Dengan menggunakan mode loiter quadcopter dapat terbang dengan sangat optimal pada ketinggian 8 meter dari tanah. Pada penelitian selanjutnya perlu dilakukan perbaikan pada desain quadcopter yang lebih ringan dan diharapkan juga sebelum dilakukan uji terbang dilakukan proses simulasi terlebih dahulu agar mempermudah analisis saat terjadi kesalahan terbang dan lebih cepat didapatkan hasil terbang yang optimal pada quadcopter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK MPF.41/15 Luf d | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | quadcopter, proportional, integratif, derivatif, metode tuning, mode stabilize, mode loiter | |||||||||
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | |||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2015 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 04:49 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28020 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |