RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMELIHARAAN BARANG DENGAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA

ISWANTO, 080916044 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMELIHARAAN BARANG DENGAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-iswanto-34323-7.-abstr-k.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 15-14 Isw r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem pemeliharaan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga terkesan lambat, disebabkan work order (WO) yang disertai data pendukung tidak ada dan kurangnya data riwayat pemeliharaan barang. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah yang ada, akan dilakukan perancangan sistem informasi pemeliharaan barang dengan pendekatan berorientasi objek, guna penyelesaian membuat laporan data pendukung yang akurat dan terkomputerisasi oleh staf pemeliharaan barang pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Dalam membangun sistem informasi pemeliharaan barang dengan metode pendekatan berorientasi objek, ada lima tahap yang harus dilakukan. Pada tahap pertama, pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan informasi seputar pemeliharaan barang. Kemudian, pada tahap kedua dilakukan analisis sistem berdasarkan hasil dari pengumpulan data untuk mendapatkan user requirement dari sistem informasi pemeliharaan barang yang akan dibuat. Pada tahap ketiga, hasil dari analisis sistem tersebut digambarkan dalam bentuk diagram-diagram UML agar user requirement yang telah didapatkan mudah untuk dipahami oleh pengembang sistem. Pada tahap keempat, penerapan sistem yang akan dilakukan jika sistem disetujui termasuk program yang telah dibuat pada tahap perancangan sistem agar siap untuk dioperasikan. Pada tahap terakhir, dilakukan sebuah evaluasi sistem untuk menguji kesesuaian antara implementasi sistem informasi pemeliharaan barang yang dibuat dengan metode pendekatan berorientasi objek dengan kebutuhan pihak-pihak yang terlibat dalam pemeliharaan barang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hasil yang dicapai dengan pada penelitihan ini yaitu berupa sebuah aplikasi sistem informasi terkomputerisasi yang dapat menghasilkan informasi dengan cepat dan akurat. Oleh karena itu, rancangan ini juga dapat meningkatkan kinerja staf pemeliharaan barang pada Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu berupa sebuah aplikasi sistem informasi pemeliharaan barang terkomputerisasi yang dapat menghasilkan informasi dengan cepat dan akurat. Oleh karena itu, aplikasi sistem ini juga dapat meningkatkan kinerja pihak Fakultas untuk mencatat perawatan barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 15/14 Isw r
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ISWANTO, 080916044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEva Hariyanti,, S.Si, M.TUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28204
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item