GINANJAR BAGUS WICAKSONO, 040610332 (2010) PELAYANAN DAN KEPUASAN MUZAKKI DOMPET DHUAFA JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-wicaksonog-18171-abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-wicaksonog-15578-febe1.0-t Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pihak yang menerima layanan merupakan salah satu tujuan dari intstitusi lembaga pemberi layanan, baik lembaga profit atau non profit. Lembaga Amil Zakat merupakan lembaga non profit yang memberikan pelayanan kepada muzakki. Dompet Dhuafa merupakan salah satu lembaga zakat yang selalu berupaya menjaga dan meningkatkan kepuasan bagi muzakkinya. Kepuasan muzakki tidak hanya ditujukan untuk muzakki perseorangan maupun perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, yakni dengan menarasikan dan mendeskripsikan penerapan etika pelayanan yang diteladankan Rasulullah SAW, yaitu siddiq, istiqamah, fathanah, amanah, dan tabligh kedalam pengelolaan dana zakat dan dampaknya terhadap kepuasan muzakki Dompet Dhuafa Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika pelayanan yang dicontohkan Rasulullah SAW dapat diimplementasikan dengan baik oleh Dompet Dhuafa Jatim. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya komplain dari para muzakki. Pelayanan yang baik oleh Dompet Dhuafa Jatim kepada para muzakki berdampak pada kepuasan muzakki yang cukup tinggi. Implementasi etika pelayanan Rasulullah SAW yang terdiri, siddiq, istiqamah, fathanah, amanah, dan tabligh menunjukkan bahwa implementasi yang paling baik adalah siddiq, sedangkan penerapan yang paling buruk adalah implementasi sikap fathanah, hal ini menunjukkan bahwa para pengelola Dompet Dhuafa telah mampu mengimplementasikan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan muzakki dan dana yang dihimpun dari muzakki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 FEB E1.09/10 Wic p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER SATISFACTION; CUSTOMER SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hari | ||||||
Date Deposited: | 18 May 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:34 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2821 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |