PENGARUH VARIASI pH DAN WAKTU KONTAK TERHADAP PENURUNAN KADAR TIMBAL (II) DENGAN MENGGUNAKAN ADSORBEN MODIFIKASI BIOMASSA Aspergillus niger DALAM SILIKA GEL DAN ZEOLIT

MONICA ASTRID RESPA PUTRI, 081011005 (2012) PENGARUH VARIASI pH DAN WAKTU KONTAK TERHADAP PENURUNAN KADAR TIMBAL (II) DENGAN MENGGUNAKAN ADSORBEN MODIFIKASI BIOMASSA Aspergillus niger DALAM SILIKA GEL DAN ZEOLIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-putrimonic-38369-5.-abstr-k.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.TL 12-14 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi pH dan waktu kontak terhadap adsorpsi kadar Pb(II) dengan menggunakan adsorben biomassa kering Aspergillus niger, zeolit teraktivasi, zeolit plus hasil modifikasi biomassa Aspergillus niger ke dalam matriks pendukung zeolit, dan silika gel plus hasil modifikasi biomassa ke dalam matriks pendukung silika gel, juga untuk mengetahui model kesetimbangan isoterm dan kinetika adsorpsi dari masingmasing adsorben tersebut. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah pH 5, 7, dan 9, serta waktu kontak 30, 60, 90, dan 120 menit. Proses adsorpsi Pb(II) menggunakan metode batch dengan perulangan sebanyak tiga kali pada tiap perlakuan. Kadar Pb(II) dianalisis dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA), lalu dianalisis secara statistik untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Data variasi waktu kontak menjadi dasar analisis kesetimbangan isoterm adsorpsi menggunakan model isoterm Langmuir dan Freundlich, juga analisis kinetika adsorpsi menggunakan model orde pertama semu dan orde kedua semu. pH dan waktu kontak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap persentase penurunan Pb(II) dengan pH dan waktu kontak optimum adalah pH 7 dan waktu 60 menit. Kapasitas adsorpsi terbesar adalah 9,81 mg/g untuk adsorben zeolit teraktivasi; 12,59 mg/g untuk adsorben zeolit plus; 14,24 mg/g untuk adsorben biomassa kering Aspergillus niger; dan 14,72 mg/g untuk adsorben silika gel plus. Keempat adsorben tersebut mengikuti model kesetimbangan isoterm Freundlich dan model kinetika orde kedua semu. Adsorben silika gel plus menunjukkan kemampuan terbaik sebagai adsorben Pb(II).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.TL 12/14 Put p
Uncontrolled Keywords: MODIFIKASI BIOMASSA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
MONICA ASTRID RESPA PUTRI, 081011005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgoes Soegianto, NIDN: 0003086204UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 13 Jan 2015 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28275
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item