RIEZQI ARIE RAHMAWATI, 040710210 (2012) RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN FITNESS DENGAN MENGINTEGRASIKAN DIMENSI SERVICE QUALITY SCALE FOR FITNESS CENTER, MODEL KANO, IMPROVEMENT-PERFORMANCE ANALYSIS, DAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA ATLAS SPORTS CLUB SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rahmawatir-26161-3.abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-rahmawatir-21157-1.FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Me ningkatkan kualitas tidak selalu menghasilkan pelanggan yang puas karena apa yang pelanggan inginkan atau harapkan dari produk/layanan bukanlah berkualitas tinggi sepanjang waktu. Penelitian ini dilakukan dengan obyek kualitas layanan Fitness pada Atlas Sports Club. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui identifikasi atribut-atribut layanan Fitness pada Atlas Sports Club berdasarkan dimensi SQS-FC ( Service Quality Scale for Fitnes Center) dengan menggunakan model Kano, mengetahui tingkat prioritas masing-masing kebutuhan pengguna layanan Fitness di Atlas Sports Club dengan mengintegrasikan model Kano dan metode Importance-Performance Analysis , dan mengetahui rancangan perbaikan kualitas layanan Fitness pada Atlas Sports Club dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Data diperoleh dengan proses wawancara dengan pihak pengelola Atlas Sports Club dan penyebaran kuesioner kepada para pengguna layanan Fitness di Atlas Sports Club. Penelitian ini menggunakan 31 atribut kualitas jasa. Hasil dari pengolahan data menggunakan model Kano menyatakan bahwa 14 atribut kualitas layanan masuk ke dalam kategori one-dimensional , 14 atribut kualitas lainnya masuk ke dalam kategori must-be , dan sisanya masuk kedalam kategori attractive . karena tidak ada atribut yang masuk ke dalam kategori indifferent , maka semua atribut dapat digunakan untuk pengintegrasian model Kano dan metode IPA. Dari pengintegrasian tersebut didapatkan tujuh atribut kualitas layanan yang masuk ke dalam area concentrate-here , yaitu jumlah peralatan fitness yang memadai, tersedianya penanganan pertama pada cedera saat berolahraga, tempat mandi/shower jumlahnya memadai, kondisi tempat mandi/shower selalu dalam keadaan bersih, anggota mudah dalam menggunakan setiap fasilitas yang ada, tersedianya konsultasi dengan spesialis (dokter,ahli gizi), dan instruktur fitness tanggap dan terampil membantu anggota yang kesulitan dalam menggunakan alat fitness. Dari ketujuh atribut tersebut didapatkan respon teknis untuk perbaikan kualitas layanan dari pihak pengelola Atlas Sports Club. Perbaikan kualitas yang harus dilakukan diantaranya adalah penambahan alat fitness dan perluasan ruangan gym sesegera mungkin, penambahan jumlah tempat mandi/shower dan penambahan petugas kebersihan yang telah terjadwal oleh pengelola, menugaskan 1 instruktur untuk tiap 5 alat fitness, pemberian pelatihan tambahan bagi instruktur, meningkatkan informasi melalui pengeras suara tentang tersedianya fasilitas konsultasi dengan spesialis (dokter, ahli gizi) dan informasi tentang tersedianya fasilitas penanganan pertama pada cedera saat berolahraga kepada pengguna layanan fitness saat pembayaran bulanan dan pendaftaran anggota baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.177/12 Rah r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SERVICE QUALITY SCALE | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs hoeroestijati beta | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2016 08:30 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2838 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |