RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER PESERTA TENDER MENGGUNAKAN METODE INTUITIONISTIC FUZZY TOPSIS (STUDI KASUS PT.PG RAJAWALI II UNIT PG SINDANG LAUT CIREBON)

Friday Yosi Prilnambilanti, 081016077 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER PESERTA TENDER MENGGUNAKAN METODE INTUITIONISTIC FUZZY TOPSIS (STUDI KASUS PT.PG RAJAWALI II UNIT PG SINDANG LAUT CIREBON). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-prilnambil-34723-7.ABSTRAK.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2015-prilnambil.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pendukung keputusan penentuan supplier peserta tender menggunakan metode Intuitionistic Fuzzy TOPSIS di PT PG Rajawali II Unit PG Sindanglaut Cirebon. Dengan sistem ini diharapkan dapat memudahkan pengambil keputusan dalam penentuan lima supplier terbaik yang akan diundang pada tender berikutnya. Sistem pendukung keputusan penentuan supplier peserta tender dirancang dan dibangun melalui lima tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data melalui studi literatur yang bersumber dari jurnal dan e-book, melakukan wawancara ke panelis dan bagian administrasi, memberikan kuisioner tingkat kepentingan pengambil keputusan, tingkat kepentingan kriteria, interval kriteria, dan pengumpulan dokumen yang digunakan dalam proses penentuan supplier peserta tender. Tahap kedua adalah analisa dan pengolahan data dengan menggunakan metode Intuitionistic Fuzzy TOPSIS. Tahap ketiga adalah perancangan sistem yang dilakukan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD) yang menghasilkan 3 entitas dan 18 data store, Conceptual Data Model (CDM), dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 18 entitas. Tahap keempat adalah implementasi sistem dengan berbasis desktop yang menghasilkan 19 tampilan halaman. Tahap kelima adalah melakukan evaluasi sistem dengan membandingkan hasil output sistem dengan data hasil lima supplier terbaik yang diundang menjadi peserta tender. Sistem ini dibangun untuk administrasi pengadaan, panelis, dan kepala bagian Tata Usaha Kantor (TUK). Administrasi pengadaan menggunakan sistem dalam proses input data master dan data transaksi tender. Panelis menggunakan sistem dalam proses penentuan lima supplier peserta tender. Sedangkan kepala bagian TUK menggunakan sistem untuk menentukan bobot panelis. Dari hasil evaluasi sistem yang dilakukan dengan membandingkan output sistem dengan data supplier peserta tender diperoleh 92% keputusan sama antara output sistem dengan data penentuan lima supplier terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. ST. SI. 22 -14 Pri r
Uncontrolled Keywords: INTUITIONISTIC FUZZY SET
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Friday Yosi Prilnambilanti, 081016077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs.DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorDyah Herawatie, Ir.M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Jan 2015 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item