KEANEKARAGAMAN DAN HUBUNGAN KEKERABATAN PADA JAMBU AIR (Syzygium aqueum Burm.f. Alston) MELALUI PENDEKATAN MORFOLOGI DI PERKEBUNAN BHAKTI ALAM, PASURUAN

Devi Mardiastuti, 081014022 (2014) KEANEKARAGAMAN DAN HUBUNGAN KEKERABATAN PADA JAMBU AIR (Syzygium aqueum Burm.f. Alston) MELALUI PENDEKATAN MORFOLOGI DI PERKEBUNAN BHAKTI ALAM, PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-mardiastut-34905-7.ABSTRAK.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-mardiastut-34905-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keanekaragaman morfologi varietas dari jambu air (Syzygium aqueum Burm.f.Alston), melihat hubungan kekerabatan antar varietas pada jambu air ditinjau dari karakter morfologi, dan mengetahui karakter morfologi yang mempengaruhi pengelompokan varietas pada jambu air. Penelitian ini bersifat deskriptif. Lokasi pengambilan sampel terletak di Perkebunan dan Agrowisata Bhakti Alam Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur serta diperoleh empat macam varietas, yaitu varietas Camplong, Citra, Black Diamond, dan Pink Rose Apple. Bagian tanaman yang akan diteliti ada 55 karakter yang meliputi perawakan, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Berdasarkan hasil analisis deskripsi diperoleh keanekaragaman karakteristik morfologi terutama pada keberadaan tinggi tanaman, tepi daun, tinggi corolla, dan lebar corolla. Ciri morfologi varietas jambu air dianalisis menggunakan program SPSS. Program SPSS dengan koefisien simple matching membentuk dendrogram. Hasil dendrogram menunjukkan dua kelompok utama, yaitu kelompok A dan kelompok B. kelompok A beranggotakan varietas Pink Rose Apple pada nilai similaritas 75,1%. Kelompok B beranggotakan varietas Black Diamond, Camplong, dan Citra pada nilai similaritas 47,4%. Pada analisis PCA (Principal Component Analysis), karakter yang mempengaruhi pengelompokan varietas apel antara lain kepadatan daun, tinggi tanaman, bangun daun, tepi daun, ujung daun, lebar daun, panjang daun, panjang tangkai daun, jarak antar nodus, jarak antar tulang daun, bentuk calyx, tinggi corolla, lebar corolla, tinggi buah, diameter buah, permukaan kulit buah, rasa buah, warna biji, tekstur biji, jumlah biji, bentuk biji, diameter biji, dan panjang biji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. MPB. 68-14 Mar k
Uncontrolled Keywords: MORPHOLOGY; VARIETIES
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Devi Mardiastuti, 081014022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorJunairiah, Dr.S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Jan 2015 12:00
Last Modified: 25 Aug 2016 05:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28457
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item