TRI MUKTI SAPUTRA (2015) Penyebarluasan Informasi Wisata Oleh Komunitas Liburan Murah Melalui Media Sosial Facebook (Studi Deskriptif Tentang Bagaimana Penyebarluasan Informasi Wisata Oleh Komunitas Liburan Murah Melalui Media Sosial Facebook). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER .pdf Download (777kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB1)
4. BAB IPENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB IIDESKRIPSI LOKASI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB IIIPENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB IVPENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penyebarluasan Informasi Wisata pada Komunitas melalui Media Sosial Facebook Dengan subyek penelitiannya adalah Komunitas Liburan Murah yang memiliki basis wisata di Kota Surabaya. Judul dan subyek tersebut didasari oleh fenomena sebagai berikut : 1) Perkembangan pariwisata yang memunculkan adanya komunitas wisata; 2) Karakteristik informasi wisata yang ada dalam komunitas Liburan Murah; 3) Kegiatan wisata yang dilakukan oleh Komunitas Liburan Murah. Berdasarkan pertimbangan tersebut teori dalam menganalisis kajian penelitian ini adalah teori mengenai komponen wisata yang disampaikan oleh Medlik dan Middleton dan juga teori komunikasi difusi inovasi oleh Everett. Adapun metode dalam penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan melalui pendekatan secara deskriptif. Metode ini dimaksudkan agar mampu memahami sifat, isi dan materi penelitian. Teori dan Metode penelitian ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah berupa penyebarluasan informasi dan pengelolaan kegiatan wisata oleh Komunitas Liburan Murah. Hasil Penelitian yang didapat oleh peneliti adalah sebagai berikut: 1) Penyebarluasan informasi yang dilakukan oleh Komunitas Liburan Murah melalui media sosial facebook dibagi menjadi 3 kriteria yaitu terkait Obyek Wisata, Akomodasi, dan juga Transportasi. Kecenderungan yang muncul dalam komunitas tersebut lebih bersifat membutuhkan daripada memberikan informasi mengenai wisata; 2) Kegiatan Wisata yang dilakukan oleh Komunitas Liburan Murah lebih cenderung mengarah ke wisata flash packer dengan mengutamakan kenyamanan dalam berwisata. Kemudian berdasarkan temuan dan analisis peneliti menyarankan untuk memperbanyak kegiatan rutin dari Komunitas Liburan Murah dengan tujuan untuk mempererat rasa kebersamaan antar anggota komunitas dan juga media penyebaran informasi dapat diperbanyak menggunakan media social lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV PW 47/15 Sap p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | TOURISM - MARKETING; SOCIAL MEDIA, Penyebarluasan, Infromasi wisata, Komunitas wisata | |||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism | |||||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Ani Sistarina | |||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2015 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 18 May 2020 02:01 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28595 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |