DAMPAK SOSIAL SEGREGASI ETNIS MADURA DI PERKOTAAN ( Studi Kasus di Wilayah Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Kota Surabaya)

Hadi Susanto, 090114471 (2004) DAMPAK SOSIAL SEGREGASI ETNIS MADURA DI PERKOTAAN ( Studi Kasus di Wilayah Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Kota Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
jiptunair-gdl-s2-2005-susantohad-1733-ts_02-05.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
jiptunair-gdl-s2-2005-susantohad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Segregasi etnis Madura menunjukkan adanya wilayah pemukiman yang terpisah dari pemukiman-pemukiman pada umumnya sehingga mengakibatkan terjadinya konsentrasi pemukiman yang berlatar etnis Madura di daerah tertentu. Pada umumnya daerah pemukiman tersebut mempunyai sifat homogen yang mempunyai ciri-ciri ras, ekonomi atau sosial yang sama masing-masing bertempat tinggal dalam daerahnya sendiri di dalam kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak-dampak sosial yang ditimbulkan akibat segregasi etnis masyarakat Madura di wilayah Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case studi). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari informan-informan lapangan yang dianggap representatif seperti tokoh warga etnis Madura setempat, tokoh warga selain etnis Madura, aparat kelurahan dan beberapa ketua RW atau RT setempat. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipan (observer as observer), indepth interview, dokummtasi dan kepustakaan yang kemudian dideskripsikan dan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 02/05 Sus d
Uncontrolled Keywords: SEGREGATION
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Hadi Susanto, 090114471UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Singgih, Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 11 Jul 2005 12:00
Last Modified: 08 Aug 2017 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item