IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM RANGKA PENYELENGGARAAN RSBI DI SMA NEGERI MOJOAGUNG SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO.16 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU

SAMSUDI, 071043008 (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM RANGKA PENYELENGGARAAN RSBI DI SMA NEGERI MOJOAGUNG SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO.16 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau disingkat RSBI, adalah suatu program pendidikan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 50 ayat 3, yang menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan sekolah yang berkualitas. Peningkatan kualitas ini diharapkan akan mengurangi jumlah siswa yang bersekolah di luar negeri. Penelitian kualitatif adalah penelitian deskriptif, yang dilakukan di SMAN Mojoagung kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan data yang dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi (ketiga bersama). Kemudian hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan implementasi kebijakan R-SMA-BI di SMAN Mojoagung di lihat dari faktor Bagaimanakah implementasi kebijakan pengembangan kompetensi guru dalam rangka penyelenggaraan RSBI di SMA Negeri Mojoagung sesuai dengan Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Dan diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen monitoring progran dalam upaya merekomendasikan langkah-langkah bagi penyempurnaan pelaksanaan R-SMA-BI yang sedang berjalan di SMAN Mojoagung. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya upaya SMAN Mojoagung untuk menerapkan permendiknas No. 16 tahun 2007. Hal ini dibuktikan dengan ada 5 guru yang berijazah S2 dan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah hanya 3 orang atau 5,45% dari keseluruhan pendidik yang berjumlah 55 orang yang seharusnya 30% berkualifikasi S2/S3, termasuk tes TOEFL > 500. Selain itu adanya kebijakan pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah dalam hal ini kabupaten Jombang untuk mendorong pengembangan kualitas pendidik di Jawa Timur, khususnya di SMA Mojoagung. Salah satu kebijakannya adalah memberikan beasiswa bagi guru untuk melanjutkan studi S2 maupun S3.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TKP 08 - 12 Sam i
Uncontrolled Keywords: EDUCATION-STUDY AND TEACHING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
SAMSUDI, 071043008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto,, Prof.Dr.H.M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 13 Mar 2013 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28696
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item