MAKNA SUMPAH POCONG SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA PADA MASYARAKAT MADURA (Studi Kasus di Masjid Madegan Desa Polagan Sampang-Madura)

Lucy Dyah Hendrawati (2005) MAKNA SUMPAH POCONG SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA PADA MASYARAKAT MADURA (Studi Kasus di Masjid Madegan Desa Polagan Sampang-Madura). Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan dan menganalisis permasalahan : (1) Bagaimana proses pelaksanaan sumpah pocong. Termasuk dalam penelitian ini akan dilihat persengketaan macam apa sehingga terjadi sumpah pocong dan mengapa para pihak yang bersengketa melakukan sumpah pocong ; (2) Faktor-faktor apa yang melatarbelakangi masih berlakunya sumpah pocong di masyarakat Madura dan (3) Bagaimana makna sumpah pocong dalam budaya masyarakat Madura. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan sumpah pocong. Termasuk dalam hal ini meliputi macam-macam sengketa sehingga terjadi pelaksanaan sumpah pocong dan mengetahui pihak-pihak yang bersengketa sampai melakukan sumpah pocong ; (2) Mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi masih berlakunya sumpah pocong di masyarakat Madura dan (3) Memahami makna sumpah pocong dalam budaya masyarakat Madura.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 347.075 (LP)
Uncontrolled Keywords: TRIALS ; SUMPAH POCONG
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Lucy Dyah HendrawatiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 18 Mar 2005 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 02:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item