Latar Belakang Dan Motivasi Ibu Dalam Menentukan Pilihan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah : Studi Kasus Pada Ranah Keluarga di Perkotaan Jawa Timur

Tubiyono, Drs. and Trisna Kumala Sd, Dra. M.S. and Eddy Sugiri, Drs. M. Hum. and Edi Jauhari, Drs. and Dwi Handayani, Dra. (1995) Latar Belakang Dan Motivasi Ibu Dalam Menentukan Pilihan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah : Studi Kasus Pada Ranah Keluarga di Perkotaan Jawa Timur. LAPORAN PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-tubiyono-33182-3.ringka-.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan keluarga batih (inti) peranan ibu sangat panting. Karena seorang ibu yang paling dekat dangan anak-anaknya apabila dibandingkan dengan anggota keluarga yang lain, misalnya ibulah yang membimbing, mendidik, mengarahkan supaya menjadi anak yang baik dan sebagainya. Bahkan dalam hal berkomunikasi dangan anak pun ibu mempunyai peluang lebih besar apabila dibandingkan dengan anggota keluarga yang lain, misalnya bapak (ayah). Oleh karena itu, ibu yang mampunyai banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak, maka ibu pulalah yang dimungkinkan mempunyai andil besar untuk menentukan pilihan bahasa apa yang akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan bahasa apa yang akan digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh faktor di luar bahasa itu sendiri. Faktor-faktor yang dimaksud antara lain faktor pendidikan, usia, ras (suku), agama, sosial ekonomi, dan sebagainya. Dalam penelitian in1 sengaja d1pil1h pada ranah keluarga di perkotaan Jawa Timur dengan pertimbangan bahwa kehidupan di lingkungan perkotaan lebih dinamis dan lebih heterogen bila dibandingkan dengan kehidupan keluarga di pedesaan. Hampir dapat dipastikan dalam kehidupan sahari-hari akan digunakan bahasa daerah (Jawa atau Madura). Hal yang demikian tentu ada hubungannya dengan motivasi tertentu.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 LP 410 Lat
Uncontrolled Keywords: sosio - linguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Tubiyono, Drs.UNSPECIFIED
Trisna Kumala Sd, Dra. M.S.UNSPECIFIED
Eddy Sugiri, Drs. M. Hum.UNSPECIFIED
Edi Jauhari, Drs.UNSPECIFIED
Dwi Handayani, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 20:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item