ARIFIANTI KARTIKA, 040710869 (2012) ANALISIS PELAKSANAAN AUDIT KEPATUHAN FUNGSI PERKREDITAN PADA PT BANK X DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-kartikaari-19462-a.261-11.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Di era globalisasi ini, perbankan di Indonesia memiliki fungsi intermediasi dalam masyarakat sebagai penghimpun, penyalur dan pelayan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang di masyarakat yang bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak. Dalam menjalankan fungsinya sebagai penyalur dana pada masyarakat, bank memberikan kredit berupa dana segar kepada masyarakat yang membutuhkan untuk usaha. Dalam pelaksanaan kredit ini karena kredit memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi dalam pengembaliannya, maka pihak bank harus benar-benar teliti dan menetapkan pihak mana yang benar-benar memenuhi persyaratan kredit. Selain itu pihak bank harus memiliki keterampilan seperti manajamen keuangan, manajemen resiko, mengikuti perkembangan teknologi dan pengetahuan sehingga dapat menghadapi persaingan yang semakin meningkat ketat serta dapat mengatasi masalah yang timbul dari perkreditan. Bersamaan dengan meningkatnya kompleksitas usaha bank, persaingan yang ketat baik secara lokal maupun global maka diperlukan adanya audit kepatuhan sebagai suatu alat bagi manajemen untuk meningkatkan pengawasan dan skill, agar keefektifan dan keefisienan bank meningkat serta kualitas manajemen di bidang operasional perbankan mencapai hasil yang optimal dan memiliki keunggulan kompetitif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif di mana peneliti menggunakan data berupa pernyataan, penjelasan, peraturan, tanya-jawab yang berasal dari wawancara, pengamatan dan dokumen perusahaan. Hal ini disebabkan karena metode pendekatan kualitatif, di mana sebagian dari prosedur menghasilkan data berupa kalimat atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dari hasil pelaksanaan audit kepatuhan, ada beberapa temuan kejadian yang pelaksanaannya belum sesuai dengan Standar Pelaksanaan Audit, namun dengan melakukan serangkaian prosedur audit kepatuhan sesuai standar yang dtetapkan dan disahkan SK Direksi Bank “X”, maka kasus kredit macet berkurang dan tingkat Non Performance Loan pada bank “X” cabang “Y” masih dalam batas maksimal peraturan BI yaitu 5%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK A 261 11 Ari a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MANAGEMENT AUDIT ; CREDIT CONTROL | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Mudjiono Mudj | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Oct 2016 02:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2886 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |