FENOMENA GLOBALISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA (TINJAUAN KRITIS PADA SEKOLAH-SEKOLAH BERWAWASAN INTERNASIONAL)

Tuti Budirahayu (2006) FENOMENA GLOBALISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA (TINJAUAN KRITIS PADA SEKOLAH-SEKOLAH BERWAWASAN INTERNASIONAL). Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-budirahayu-6740-lp1110-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menelusuri sejarah dan latar belakang pendirian sekolah serta nilai-nilai yang Melandasi proses pembelajarannya. Berdasarkan informasi yang didapat maka diharapkan dapat ditemukan penjelasan tentang kaitan antara latar historis berdirinya sekolah dengan wacana paradigma pendidikan yang dikembangkannya; (2) Mengetahui suasana dan iklim pembelajaran di sekolah. Dengan memahami suasana dan iklim pembelajaran di sekolah maka diharapkan dapat dikenali pula wacana paradigma pendidikan yang mendominasi dan beroperasi di sana; (3) Mengetahui ada-tidaknya kaitan antara proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah dengan upaya sekolah untuk menjaring pasar potensial mereka. Sesuai dengan permasalah penelitian yang berupaya menggali wacana ideologi pendidikan yang dianut oleh para pendiri maupun pengelola sekolah, maka studi ini menggunakan analisis wacana sebagai metode utama. Metode tersebut digunakan untuk merujuk berbagai cara menstrukturkan pengetahuan dan praktik sosial yang berkembang di masyarakat. Sebagai sebuah metode, analisis wacana bekerja dengan memanfaatkan bahasa, atau dalam pengertian yang lebih sempit: kalimat, kata-kata, baik yang dikemukakan secara lisan maupun tertulis. Terdapat tiga hal penting yang didapat dari analisis wacana. Pertama, memberikan perhatian pada usaha mengidentifikasi posisi subjek. Kedua, membantu usaha mengkonstruksi hubungan sosial di antara individu. Ketiga, memberikan alat untuk mengkonstruksi sistem pengetahuan dan kepercayaan, yang sering disebut juga sebagai ideologi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 LP 111/08 Bud f
Uncontrolled Keywords: EDUCATIONS INTERNATIONAL
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Tuti BudirahayuUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 29 Apr 2008 12:00
Last Modified: 20 Jul 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item