M. Asnawi Sabil, 090114383
(2007)
ANALISIS HUBUNGAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL : Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Agidah Filsafat IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Ketika komprehensi ilmiah tentang kecerdasan emosional dirilis Daniel Goleman pada tahun 1995, muncul paradigma baru di dalam lingkungan pendidikan tentang kecerdasan. Di satu sisi, emosi yang sebelumnya dipandang sebagai masalah individual dan tidak ada kaitan dengan nalar, berhasil dibuktikan peran pentingnya dalam proses hubungan perilaku dan otak. Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat, ketekunan, kemampuan memotivasi diri, bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan mengendalikan dorongan hati, kemampuan menyelesaikan konflik, serta kemampuan memimpin. Media massa, di sisi lain, merupakan `lokasi' yang berperan menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan, sebagai wahana masyarakat. Osgood, et.al (1957) yang dikutip Fulton (1970) menjelaskan bahwa citra yang dibangun media massa dapat dideskripsikan menjadi tiga ukuran yang independen, yaitu: evaluasi, potensi, dan aktivitas. Jenis media massa telah menjadi sumber dominan bagi individu maupun masyarakat untuk memperolch gambaran dan citra diri. Media massa memiliki peran transformatif dan menjadi piranti pendidikan yang efektif
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara jenis media massa dengan kecerdasan emosional mahasiswa Jurusan Aqidah Filfasat Fakultas Usluluddin lAIN Sunan Ampel Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |