SUSIANA WIJAYA, 111314253018 (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN “MURIDKU (TIDAK) TERLAMBAT BICARA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN IDENTIFIKASI DINI KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (664kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part13.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part14.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part15.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part16.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part17.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part18.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
TESIS SUSIANA WIJAYA_Part19.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan keterlambatan bicara pada usia pra sekolah merupakan keluhan utama yang sering dicemaskan dan dikeluhkan orang tua kepada guru pra sekolah. Setiap tahunnya, 5% hingga 10% anak pra sekolah dipastikan mengalami keterlambatan bicara. Dalam menyikapi hal ini, tentunya kemampuan guru pra sekolah dalam mengidentifikasi keterlambatan memiliki peranan penting. Subjek penelitian ini adalah guru TK Buah Hati yang kemampuan mengidentifikasi keterlambatan bicara terhadap anak didiknya masih rendah. Permasalah pada penilitian ini didasarkan pada hasil kuisioner. Permasalahan tersebut adalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan guru dalam mengidentifikasi keterlambatan bicara pada anak usia pra sekolah. Sehingga pemberian intervensi melalui pelatihan diberikan kepada subjek penelitian. Tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi keterlambatan bicara pada anak usia pra sekolah. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan “Muridku (tidak) Terlambat Bicara” efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi keterlambatan bicara pada anak usia pra sekolah yang dibuktikan dengan perbedaan hasil tes menggunakan teknik Wilcoxon Signed Rank Test dengan p sign. sebesar 0,005.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPsi.10/16 Wij e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru, Keterlambatan Bicara, Guru Pra Sekolah, Anak Usia Pra Sekolah | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1001-1389 Parapsychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2016 06:38 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2016 06:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29081 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |