PENGARUH APLIKASI BIOFERTILIZER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DAN CABAI KERITING (Capsicum annum L.)

HIKMAH RIZKA MASLAHATIN, 081414153015 (2016) PENGARUH APLIKASI BIOFERTILIZER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DAN CABAI KERITING (Capsicum annum L.). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Formulasi biofertilizer diketahui memiliki fungsi menyediakan hara di tanah untuk tanaman. Formulasi biofertilizer terdiri dari Azotobacter sp., Azospirillum sp. sebagai bakteri pemfiksasi N, Bacillus megaterium, Pseudomonas fluorescens sebagai bakteri pelarut fosfat, dan Cellulomonas cellulans sebagai bakteri dekomposer telah diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi dosis biofertilzer yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produktivitas cabai rawit (C. frutescens L.) dan cabai keriting (C. annum L.), populasi bakteri tanah, kadar hara tanaman, dan aktivitas enzim. Parameter pertumbuhan yang diukur adalah tinggi tanaman, biomassa tanaman, dan panajng akar. Parameter produktivitas yang diukur adalah jumlah buah dan berat buah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian dosis biofertilizer sebanyak 0, 5, 15, dan 25 mL/tanaman dan perlakuan kontrol positif NPK 5 gram masing-masing pada cabai rawit dan cabai keriting. Total perlakuan dalam penelitian ini adalah 10 perlakuan yaitu P1 adalah kontrol negatif, P2 kontrol positif, P3 biofertilizer 5 mL/tanaman, P4 biofertilizer 15 mL/tanaman, P5 biofertilizer 25 mL/tanaman, dengan kode C1 adalah cabai rawit dan C2 untuk cabai keriting. Setiap perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari 3 ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 3 tanaman. Hasil penelitian pertumbuhan dan produktivitas diuji dengan one way ANOVA dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa aplikasi dosis biofertilizer yang berbeda berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman cabai rawit dan cabai keriting. Hasil pertumbuhan terbaik pada cabai rawit (C. frutescens L.) ditunjukan dengan perlakuan pemberian biofertilizer dosis 25 ml/tanaman untuk parameter tinggi tanaman, dosis 15 ml/tanaman untuk parameter biomassa tanaman, dan 5 ml/tanaman untuk parameter panjang akar. Hasil pertumbuhan terbaik pada cabai keriting (C. annum L.) ditunjukan perlakuan pemberian biofertilizer dosis 5 ml/tanaman untuk parameter tinggi tanaman, dosis 25 ml/tanaman untuk parameter biomasa tanaman, dan dosis 15 ml/tanaman untuk parameter panjang akar tanaman. Hasil produktivitas terbaik pada cabai rawit (C. frutescens L.) dan cabai keriting (C. annum L.) ditunjukan pada perlakuan pemberian biofertilizer dosis 5 ml/tanaman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB.11/16 Mas p
Uncontrolled Keywords: Biofertilizer, cabai rawit (C. frutescens, L.), cabai keriting (C. annum L.),dosis, pertumbuhan, produktivitas
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241-441 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
HIKMAH RIZKA MASLAHATIN, 081414153015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Prof. Dr., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorY. Sri Wulan Manuhara, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:58
Last Modified: 13 Jul 2017 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item