PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN FORMAL WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA

EKA SUCI WARDANI, 040913343 (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN FORMAL WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardanieka-21711-a28511-k.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 284-11 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Self assessment memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak untuk menghitung, membayar, dan melaporkan kewajiban perpajakannya sendiri. Oleh karena itu, Account Representative memiliki peranan penting untuk mengenal Wajib Pajak lebih dekat. Penelitian ini menitikberatkan pada peranan Account Representative dalam memberikan pelayanan dan melakukan pengawasan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan berpedoman pada pendapat Parasuraman, Zeithaml, dan Berry yang terdiri atas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sedangkan, indikator yang digunakan untuk mengukur efektivitas pengawasan mengacu pada pendapat Hellriegel, Jackson, dan Slocum yang mengatakan bahwa pengawasan yang efektif apabila berkaitan dengan tujuan organisasi, obyektif, lengkap, tepat waktu, dan dapat diterima. Untuk mengukur kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi mengacu pada identifikasi kepatuhan formal Wajib Pajak menurut Nasucha dan Norman D. Nowak. Penelitian dilakukan di KPP Pratama Sidoarjo Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan 100 sampel Wajib Pajak Orang Pribadi yang datang pada bulan Juni dan Juli 2011. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan formula statistika dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas pelayanan dan efektivitas pengawasan Account Representative memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi. Dengan demikian, semakin baik kualitas pelayanan dan semakin efektif pengawasan yang dilakukan oleh Account Representative akan meningkatkan kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 285 11 War p
Uncontrolled Keywords: TAX AUDITING ; TAXATION
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
EKA SUCI WARDANI, 040913343UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHeru Tjaraka, Dr. , SE,M.Si., BKP .,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Mar 2012 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item