ACHMAD RIZADI, 041142042 (2016) VALUE CHAIN ANALYSIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PERUSAHAAN ROKOK (Studi Kasus Pada PT. X di Malang). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab I Pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2020. Download (362kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
Bab II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2020. Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
Bab III Rerangka Konseptual.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2020. Download (288kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
Bab IV Metode Penelitian.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2020. Download (298kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
Bab V Analisis dan Pembahasan.pdf Download (953kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
Bab VI Simpulan dan Saran.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis value chain sebagai alat strategic cost management untuk mencapai keunggulan bersaing dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan dengan objek penelitian perusahaan rokok PT. X di Malang. Berdasarkan laporan penjualan perusahaan dalam 4 (empat) tahun terakhir, PT. X mengalami tren penurunan penjualan serta ditambah dengan kenaikan biaya pita cukai dan permasalahan fluktuasi harga tembakau yang menyebabkan PT. X semakin tertekan dengan keberlangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh diolah dengan pendekatan konsep analisis internal dan eksternal value chain yang memusatkan perhatian pada aktivitas primer dan aktivitas pendukung serta analisa hubungan perusahaan dengan supplier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukan analisis internal value chain, perusahaan dapat mengurangi beban usaha sebesar 1,25% sehingga laba sebelum pajak PT. X dapat ditingkatkan sebesar 2,96% dari laba sebelum dilakukan analisis value chain. Terkait dengan hubungan perusahaan dan supplier, PT. X memerlukan lembaga perantara resmi dari kalangan petani tembakau dalam rangka memotong mata rantai perdagangan tembakau di Madura. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak manajemen perusahaan dalam mengoptimalkan pengelolaan biaya, sumberdaya perusahaan dan hubungan perusahaan dengan pihak supplier.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TEA.17/16 Riz v | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis value chain, keunggulan bersaing, aktivitas nilai | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2016 03:28 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2017 19:16 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29289 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |