YANGGA DZIKRIN NUR, 101111165 (2016) ANALISIS KINERJA RAWAT INAP KELAS 3 DI RUMAH SAKIT SURYA MEDIKA GRESIK BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
FKM. 11-16 Nur a - HALAMAN DEPAN.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
16. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
17. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
18. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
19. BAB VI PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VII)
20. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
22. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit Surya Medika Gresik merupakan rumah sakit swasta yang mulai beroperasi pada awal tahun 2014. Data Ruang Rawat Inap Kelas 3 memiliki nilai Bed Occupancy Rate dibawah standart dan mengalami penurunan secara fluktuatif pada tahun 2014. Oleh karena itu penelitian ini membahas kinerja Ruang Rawat Inap Kelas 3 menggunakan alat managemen yaitu balanced scorecard. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan rancang bangun cross sectional. Responden yaitu Kepala Instalasi Rawat Inap, Kepala Subbagian Keuangan, dan Keluarga Pasien yang sedang menunggu minimal 2 hari dengan besar sampel 50 orang. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara, kuesioner, dan checklist. Variabel dalam penelitian ini dibedakan menurut kerangka balanced scorecard. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terdiri atas Diklat karyawan, Kelengkapan alat medis, dan kebersihan ruang. Pada perspektif bisnis internal terdiri atas Skema alur pelayanan, SOP, dan ketepatan waktu jam kunjung Dokter. Pada perspektif pelanggan terdiri dari reliability, assurance, tangible, empathy, responsibility. Pada perspektif keuangan terdiri atas Dokumentasi laporan keuangan, Personalia keuangan, Monitoring, dan Evaluasi. Hasil skoring dan pembobotan menunjukkan bahwa perspektif pertumbuhan dan pembelajaran 0,9 termasuk kategori baik, perspektif bisnis internal -1,6 termasuk kategori sangat tidak baik, perspektif pelanggan -0,25 termasuk kategori tidak baik, dan perspektif keuangan 0,05 termasuk kategori baik. Kesimpulan yang dapat diambil adalah hanya dua perspektif yang bernilai positif yaitu pertumbuhan dan pembelajaran dan keuangan. Saran dari penelitian ini adalah mempekerjakan tenaga kebersihan, membuat dan mensosialisaikan SOP, membuat skema alur pelayanan, meningkatkan kedisiplinan dokter, melakukan pelatihan mutu pelayanan, meningkatkan intensitas monitoring dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM. 11/16 Nur a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Balanced scorecard, kinerja ruang rawat inap, jasa | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2016 05:32 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2016 07:47 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29352 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |