ANALISIS KINERJA RAWAT INAP KELAS 3 DI RUMAH SAKIT SURYA MEDIKA GRESIK BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD

YANGGA DZIKRIN NUR, 101111165 (2016) ANALISIS KINERJA RAWAT INAP KELAS 3 DI RUMAH SAKIT SURYA MEDIKA GRESIK BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FKM. 11-16 Nur a - HALAMAN DEPAN.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
16. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
17. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
18. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
19. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
20. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
22. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Surya Medika Gresik merupakan rumah sakit swasta yang mulai beroperasi pada awal tahun 2014. Data Ruang Rawat Inap Kelas 3 memiliki nilai Bed Occupancy Rate dibawah standart dan mengalami penurunan secara fluktuatif pada tahun 2014. Oleh karena itu penelitian ini membahas kinerja Ruang Rawat Inap Kelas 3 menggunakan alat managemen yaitu balanced scorecard. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan rancang bangun cross sectional. Responden yaitu Kepala Instalasi Rawat Inap, Kepala Subbagian Keuangan, dan Keluarga Pasien yang sedang menunggu minimal 2 hari dengan besar sampel 50 orang. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara, kuesioner, dan checklist. Variabel dalam penelitian ini dibedakan menurut kerangka balanced scorecard. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terdiri atas Diklat karyawan, Kelengkapan alat medis, dan kebersihan ruang. Pada perspektif bisnis internal terdiri atas Skema alur pelayanan, SOP, dan ketepatan waktu jam kunjung Dokter. Pada perspektif pelanggan terdiri dari reliability, assurance, tangible, empathy, responsibility. Pada perspektif keuangan terdiri atas Dokumentasi laporan keuangan, Personalia keuangan, Monitoring, dan Evaluasi. Hasil skoring dan pembobotan menunjukkan bahwa perspektif pertumbuhan dan pembelajaran 0,9 termasuk kategori baik, perspektif bisnis internal -1,6 termasuk kategori sangat tidak baik, perspektif pelanggan -0,25 termasuk kategori tidak baik, dan perspektif keuangan 0,05 termasuk kategori baik. Kesimpulan yang dapat diambil adalah hanya dua perspektif yang bernilai positif yaitu pertumbuhan dan pembelajaran dan keuangan. Saran dari penelitian ini adalah mempekerjakan tenaga kebersihan, membuat dan mensosialisaikan SOP, membuat skema alur pelayanan, meningkatkan kedisiplinan dokter, melakukan pelatihan mutu pelayanan, meningkatkan intensitas monitoring dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 11/16 Nur a
Uncontrolled Keywords: Balanced scorecard, kinerja ruang rawat inap, jasa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YANGGA DZIKRIN NUR, 101111165UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr. drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Apr 2016 05:32
Last Modified: 09 May 2016 07:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item