M. KHOIRUL ROHMAN, 071116040 (2016) LITERASI MEDIA SOSIAL DIKALANGAN SISWA SMA MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL : FACEBOOK DAN TWITTER (Studi Deskriptif Literasi Media Sosial mencakup Technical Skills, Critical Understanding, dan Communicative Abilities Melalui situs Jejaring Sosial : Facebook dan Twitter dikalangan Siswa SMA Negeri 2 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
13.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
14.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
15.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
16.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
17.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
19.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
Abstract
Internet merupakan sumber informasi yang cepat dan tidak terbatas yang dapat diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Di dalam internet setiap pengguna dapat melakukan pencarian informasi apa saja yang ingin dicarinya. Selain itu di dalam seiring perkembangan internet, juga terdapat aplikasi jaringan sosial yang biasa disebut media sosial. Media sosial merupakan ruang dimana pengguna dapat berinteraksi menyampaikan pesan melalui teks maupun audiovisual. Penelitian ini berusaha mengungkapkan mengenai literasi media sosial melalui aktivitas-aktivitas remaja di dalam jejaring sosial facebook dan twitter. Literasi media sosial yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Surabaya dapat dilihat melalui tiga kompetensi, yaitu : Technical Skills, Critical Understanding, dan Communicative Abilities. Dari hasil temuan data yang diperoleh bahwa siswa memiliki tipe advenced dari setiap kompetensi. Hal ini terlihat dengan adanya pembuktian mengenai kemampuan menggunakan komputer, internet dan jejaring sosial dengan baik dan aktif. Serta dibuktikan juga mengenai penggunaan situs jejaring sosial secara tinggi. Kemampuan siswa dalam memahai konten dan fungsi situs jejaring sosial Facebook dan twitter dengan baik, memiliki pengetahuan dan regulasi pada situs jejaring sosial Facebook dan Twitter dengan baik, dan juga perilaku penggunaan situs jejaring sosial yang baik. Selain itu juga mengenai kemampuan berkomunikasi dan membangun relasi di situs jejaring sosial dengan baik, kemampuan berpartisipasi dengan masyarakat melalui situs jejaring sosial dengan baik dan kemampuan memproduksi dan mengkreasi konten melalui situs jejaring sosial dengan baik. Dengan demikian, siswa yang dapat dikatakan literate adalah siswa yang mampu dan memiliki kompetensi dasar yang mencakup Technical Skills, Critical Understanding, dan Communicative Abilities.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.IIP.08/16 Roh l | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Media Sosial, Technical Skills, Critical Understanding, Communicative Abilities | ||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Andri Yanti | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2016 02:45 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2016 02:45 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29707 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |