ANALISIS PERBAIKAN UNIT LAYANAN GANGGUAN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK MENGGUNAKAN METODE DMAIC SIX-SIGMA OLEH VENDOR PT HALEYORA POWERINDO PADA PT PLN (PERSERO) RAYON GEDANGAN

NIKE ARSITA, 041211231262 (2016) ANALISIS PERBAIKAN UNIT LAYANAN GANGGUAN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK MENGGUNAKAN METODE DMAIC SIX-SIGMA OLEH VENDOR PT HALEYORA POWERINDO PADA PT PLN (PERSERO) RAYON GEDANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
B 97-16 Ars a - ADLN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan perusahaan yang mengusahakan pengadaan tenaga listrik di Indonesia, sistem manajemen digunakan berbasis mutu dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. Sedangkan di PT PLN (Persero) Rayon Gedangan masih ada keluhan dari pelanggan, seperti gangguan padam dimana laporan disampaikan melalui call center 123 yang menunjukkan bahwa kualitas distribusi listrik PT PLN masih kurang memuaskan pelanggannya. PT Haleyora Powerindo merupakan anak perusahaan PT PLN (Persero) yang ditunjuk sebagai vendor PT PLN (Persero) Rayon Gedangan dalam pelaksana unit gangguan dan jaringan. Pelaksanaan outsourcing pelayanan teknik pada distribusi tenaga listrik bertujuan untuk meningkatkan kinerja SAIDI (System Average Interruption Duration Index) dalam hal percepatan waktu penanganan gangguan, kinerja SAIFI (System Average Interruption Frequency Index) dalam hal memperkecil jumlah terjadinya gangguan, dan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan usulan perbaikan layanan gangguan jaringan distribusi listrik pada PT PLN (Persero) Rayon Gedangan menggunakan metode DMAIC Six Sigma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan beberapa langkah pengumpulan data, baik data primer maupun data sekunder. Proses penelitian ini dimulai dengan survei pendahuluan, studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada proses distribusi jaringan listrik terdapat lima jenis gangguan yang menjadi CTQ kunci, yaitu gangguan gardu induk, gangguan JTM, gangguan gardu distribusi, gangguan JTR, dan gangguan APP. Kinerja PT PLN (Persero) Rayon Gedangan berada diatas rata-rata industri di Indonesia, yang ditunjukkan berdasarkan nilai sigma sebesar 4,34. Berdasarkan diagram pareto diketahui jenis gangguan yang paling dominan. Dengan menggunakan Cause and Effect Diagram dapat ditemukan faktor-faktor penyebab defect dan mencari prioritas alternatif perbaikan untuk mengurangi kegagalan proses dengan menggunakan perhitungan FMEA (Failure Modes and Effect Analysis), sehingga setelah rencana perbaikan diterapkan pada proses perbaikan layanan gangguan jaringan distribusi listrik diharapkan dapat mencapai zero defect.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.97/16 Ars a
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, defect, DMAIC, DPMO, nilai sigma, CTQ, Pareto Chart, Cause and Effect Diagram, FMEA.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NIKE ARSITA, 041211231262UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuwanku Aria Auliandri, SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:26
Last Modified: 22 Apr 2016 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29789
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item