NI PUTU SUKMADEWI EKA UTAMI, 041314353001 (2016) Rancangan Perbaikan Kualitas Produk dan Layanan Perusahaan Penghasil Beton Siap Pakai (Ready Mixed) PT. Varia Usaha Beton dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Analytical Hierarcy Process (AHP). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
MM 10-16 Uta r - ADLN.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
15. BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
16. BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
Abstract
PT. Varia Usaha Beton merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi yaitu beton siap pakai (ready mixed). Berdasarkan data internal terkait hasil survey kepuasan pelanggan (customer satisfaction) beton siap pakai (ready mixed) PT. Varia Usaha Beton tahun 2013 dan tahun 2014 menyatakan bahwa; masih adanya perbedaan penilaian antara harapan pelanggan dengan kenyataan yang ada dilapangan dari atribut kualitas produk dan layanan (sumber: data internal PT. Varia Usaha Beton). Berdasarkan pre-eliminary research ditemukan atribut kualitas produk dan layanan sebagai berikut ini; Atribut kualitas produk meliputi Performance atau kinerja, Durability atau daya, Comformance to Specifications atau kesesuaian dengan, Features atau fitur, dan Perceived Quality atau persepsi kualitas. Sedangkan atribut kualitas layanannya meliputi: Reliability atau keandalan, Responsiveness atau responsive, Competency atau kompetensi, Accessibility atau aksesibilitas, Communications atau komunikasi, Secure atau keamanan, Empathy atau empati dan Tangible atau fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quality Function Deployment (QFD) yang diinterpretasikan kedalam matriks House of Quality (HoQ) dan menggunakan metode Analythical Hiererchy Process (AHP) untuk merancang perbaikan kualitas produk dan layanan perusahaan adalah; dengan metode QFD maka perusahaan dapat menurunkan keluhan pelanggan, meningkatkan komunikasi internal perusahaan serta meningkatkan penjualan. Melalui matriks HoQ perusahaan akan mampu mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga perusahaan dapat merancang rencana strategis secara teknis berdasarkan kebutuhan konsumen (customer requirement). Metode AHP juga digunakan oleh peneliti untuk menentukan Critical to Quality. Berdasarkan penelitian ini maka disimpulkan bahwa PT. Varia Usaha Beton dilihat dari kualitas produk yang terdiri dari 10 (sepuluh) atribut hanya unggul pada 4 (empat) atribut, yaitu jenis mutu beton yang diinginkan, jumlah kuantitas yang dikirim sesuai dengan permintaan, jaminan kualitas yang dilakukan melalui uji laboratorium terhadap bahan baku dan reputasi merek. Sedangkan dilihat dari kualitas layanan yang terdiri dari 9 (sembilan) atribut unggul pada 6 (enam) atribut yaitu kecepatan dalam melayani komplain, pemahaman sales dan teknisi terkait produk, akses untuk informasi produk, koordinasi teknisi dengan pihak lapangan, memahami kebutuhan konsumen dan kesesuaian jumlah truk mixer dengan permintaan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 MM.10/16 Uta r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Quality Function Deployment (QFD), Analythical Hierarchy Process (AHP). | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2016 09:44 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2016 09:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29854 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |