Pengaruh Modal Sosial terhadap Aktifitas Berbagi Pengetahuan dan Kinerja Distributor pada Semen Gresik

ZAKKI MULTAZAM CHOZIN, 041224353045 (2016) Pengaruh Modal Sosial terhadap Aktifitas Berbagi Pengetahuan dan Kinerja Distributor pada Semen Gresik. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
MM 20-16 Cho p - ADLN.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
14. BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
15. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional oleh pemerintah yang berfokus pada pembangunan infrastruktur dan konstruksi menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan semen nasional. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat baik bagi Semen Gresik sebagai salah satu produsen semen di Indonesia terkait dengan peningkatan kinerja penjualannya. Bersamaan dengan hal tersebut, industri semen saat ini mulai memasuki bisnis komoditas dimana konsumen memandang setiap merek dari industri tersebut memiliki kualitas yang sama sehingga konsumen mempersepsikan bahwa tidak ada satu merek yang unggul secara signifikant dibanding merek lainnya, hal ini memicu timbulnya persaingan ke arah perang harga. Maka dari itu, peningkatan kerjasama yang lebih baik antara Semenn Gresik dengan distributornya pada penekanan aspek Modal sosial kiranya dapat menjadi salah satu alternatif strategi perusahaan dalam pencapaian kinerja distributor yang selanjutnya dapat berimbas pada peningatan kinerja semen gresik itu sendiri. Modal sosial yang dibangun dari hubungan antara modal sosial kognitif, modal sosial struktural, dan modal sosial relasional diharapkan mampu memberikan dampak yang lebih baik terhadap kinerja perusahaan dengan didahului adanya aktifitas berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh Distributor dan Semen Gresik. Penelitian ini berargumentasi bahwa modal sosial relasional yang dipengaruhi secara positif oleh modal sosial kognitif dan modal sosial struktural akan mempengaruhi aktifitas berbagi pengetahuan dan kinerja para distributor Semen Gresik secara positif dimana aktifitas berbagi pengetahuan tersebut juga berpengaruh secara positif terhadap kinerja distributor. Dengan menggunaan survei yang dilakukan terhadap distributor semen gresik dan hasilnya diolah dengan menggunakan alat analisis PLS, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikant dari modal sosial kognitif dan modal sosial struktral terhadap modal sosial relasional yang selanjutnya modal sosial relasional yang dimaksud juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktifitas berbagi pengetahuan dan kinerja distributor. Kinerja distributor dalam hal ini juga dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh aktifitas berbagi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM.20/16 Cho p
Uncontrolled Keywords: Modal sosial kognitif, modal sosial struktural, modal sosial relasional, aktifitas berbagi pengetahuan, kinerja distributor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ZAKKI MULTAZAM CHOZIN, 041224353045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 24 Apr 2016 14:40
Last Modified: 24 Apr 2016 14:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item