ELITE POLITIK DALAM KONTESTASI DI DESA (STUDI PERAN BLATER DALAM PILKADES DI DESA BANJAR KECAMATAN GALIS BANGKALAN MADURA)

SITI ROHMATUL AINILLAH, 071211333071 (2016) ELITE POLITIK DALAM KONTESTASI DI DESA (STUDI PERAN BLATER DALAM PILKADES DI DESA BANJAR KECAMATAN GALIS BANGKALAN MADURA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN%20DEPAN.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II GAMBAR UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BAB III ANALISIS DAN TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan elite politik dalam kontestasi di desa, yang menekankan peran elite blater dalam pemilihan kepala desa Banjar kecamatan Galis, Bangkalan Madura. Tujuannnya mendeskripsikan bentuk struktur elite didesa Banjar, kemudian peran yang dilakukan elite blater dalam kontestasi pemilihan Pilkades 2015, dan tujuan serta kepentingan elite blater dalam kontestasi Pilkades. Dengan menggunakan teori elite penentu Suzanne Keller dengan melalui pendekatan kualitatif yang didukung oleh teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, maka penelitian ini berusaha menampilkan data yang bersihat deskriptif. Sedangkan teknik pengambilan informan dilakukan secara purposive. Pelaksanaan Pilkades bagi masyarakat Madura menjadi agenda politik dan peneguhan kultural, yang mana dalam proses pemilihan kepala desa, elite blater sangat berperan untuk peneguhan statusnya sebagai elite desa. Bentuk dan struktur elite lokal desa Banjar yang paling tinggi pengaruhnya Kyai kemudian blater dan yang terakhir kepala desa, kemudian peran elite blater saat Pilkades dengan strategi dan berbagai cara untuk mendapatkan kepercayaan dan pengaruh besar masyarakat dan yang terakhir mengetahui tujuan elite blater dalam persaingan saat Pilkades ini. Dengan adanya beberapa elite desa di desa Banjar ada kyai, blater dan kepala desa dan elite-elite lokal tersebut memiliki ketererikatan satu sama lain. Dalam struktur elite desa di desa Banjar kyai menjadi tumpuan utama blater dalam kehidupan religi, kemudian blater utama yang menjadi pengaruh besar atas masyarakat desa Banjar khususnya dalam pemilihan kepala desa. Dengan segala strategi dan cara untuk mendapatkan pengaruh yang besar dalam Pilkades ini dan mendapatkan suara masyarakat, perselisihan antar blaterpun juga terjadi saat dan sesudah Pilkades, karena selain menjadi agenda politik pemilihan kepala desa menjadi agenda peneguhan status kultural bagi elite blater dengan tujuan dan kepentingan atas prestige dan status jagoanisme blater.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.20/16 Ain e
Uncontrolled Keywords: Struktur elite, Peran elite, kepentingan elite
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SITI ROHMATUL AINILLAH, 071211333071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDWisnu Pramutanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 28 Apr 2016 05:59
Last Modified: 11 Jun 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30142
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item