HOMEOSTASIS SEBAGAI MEKANISME PERLINDUNGAN TERHADAP KERUSAKAN JARINGAN PARU Perspektif dan implikasi teori protease-antiprotease

Muhammad Amin, Prof. Dr., dr., Sp.P(K) (1999) HOMEOSTASIS SEBAGAI MEKANISME PERLINDUNGAN TERHADAP KERUSAKAN JARINGAN PARU Perspektif dan implikasi teori protease-antiprotease. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
PG 239.10.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Homeostasis adalah keseimbangan antara beberapa kekuatan yang bertujuan menjaga kestabil" ~ondisi tertentu yang disebut sehat. Hampir setiap fungsi tubuh makhluk hidup mempertahankan dirinya melalui sistem homeostasis. Di jaringan paru, sistem homeostasis yang utama adalah keseimbangan protease-antiprotease. Berdasarkan teori keseimbangan proteolitik, enzim proteolitik (elastase netrofil-EN) merupakan kekuatan yang mampu merusak beberapa elemenjaringan ikat tubuh, terutamajaringan elastin paru. Kekuatan tersebut diimbangi oleh antiprotease (alfa-1-antitripsinAA T) yang berfungsi menetralisir protease sehingga tidak terjadi degradasi serat elastin. Serat elastin yang mengalami degradasi dapat mengakibatkan kelainan paru yang permanen. Protease tidak selalu merugikan, dalam beberapa hal sangat diperlukan tubuh untuk melawan benda asing termasuk bakteri. Protease berbahaya apabila berlebihan. Kerusakan yang diakibatkan oleh protease yang tidak terkontrol adalah kerusakan jaringan yang permanen. Penyakit-penyakit paru yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan protease-antiprotease adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), bronkiektasis, asma, fibrosis kistik dan Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS). Penyakit-penyakit tersebut termasuk penyakit yang sukar diobati dan bersifat ireversibel. Pada orasi ini dipaparkan perkembangan teori proteaseantiprotease sejak ditemukannya AAT pada 1963, penelitianpenelitian tentang protease dan antiprotease (termasuk di sini disertasi penulis) di era 1990-1993, pengembangan teori protease" antiprotease di era 1995-1999, sampai pada upaya pengobatan gen dan penggantian (replacement) protein inhibitor di masa menciatang.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG.239/10 Ami h
Uncontrolled Keywords: HOMEOSTASIS; JARINGAN PARU
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Amin, Prof. Dr., dr., Sp.P(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 May 2016 01:32
Last Modified: 04 May 2016 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30411
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item