APLIKASI PROBIOTIK (Bacillus sp.) PADA BUDIDAYA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI TAMBAK UDANG INTENSIF SIDOJOYO GROUP, BANYUWANGI, JAWA TIMUR

SIRAJUDDIN KURNIAWAN, 141211133075 (2016) APLIKASI PROBIOTIK (Bacillus sp.) PADA BUDIDAYA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI TAMBAK UDANG INTENSIF SIDOJOYO GROUP, BANYUWANGI, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan udang introduksi yang secara ekonomis bernilai tinggi sebagai komoditi ekspor karena diminati oleh pasar dunia.Meningkatnya produksi udang Vannamei dikarenakan adanya intesifikasi budidaya yang membutuhkan lebih banyak input produksi. Isu tentang Best Aquaculture Practices and Best Management Practices, juga keamanan pangan dari produk akuakultur, telah menyebabkan budidaya udang di tambak harus dilakukan dengan ramah lingkungan. Penggunaan probiotik dalam proses budidaya tambak merupakan upaya budidaya yang mengaplikasikan isu tersebut. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kerja mengenai pengaplikasian probiotik Bacillus sp.pada budidaya udang Vannamei sistem intensif dengan kombinasi autotrof dan heterotrof. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan ditambak udang intensifSidojoyo Group, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur pada 12 Januari sampai dengan 20 Februari 2015. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data yang meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif, wawancara, serta dari literatur. Aplikasi probiotik pada budidaya udang vannamei (Litopenaeus vannamei) dengan kombinasi autotrof dan heterotrof meliputi jenis (merk) probiotik, kultur probiotik, jumlah pemberian, cara pemberian dan frekuensi pemberian. Pengaplikasian probiotik dilakukan dengan dua metode yaitu secara oral dan lingkungan.Pada aplikasi secara oral, probiotik dicampurkan ke dalam pakan hingga probiotik meresap kedalam pori-pori pakan.Aplikasi pada permukaan lingkungan, 25 L probiotik ditebar di permukaan dengan bantuan kincir sebagai media pengaduk. Probiotik yang digunakan dalam budidaya udang di Sidojoyo Group yaitu probiotik bermerek dagang “AT-BAK”. Kultur probiotik dilakukan di dalam bak kultur dengan mencampurkan 2 liter “AT-BAK”, 10 liter molase dan 100 liter air. Pengaplikasian probiotik dilakukan 5 kali sehari dengan dosis yang berbedabeda pada tiap-tiap petak tambak. Hambatan yang ada pada aplikasi probiotik pada budidaya udang vannamei (Litopenaeus vannamei) dengan kombinasi autotrof dan heterotrof yaitu harga probiotik dipasaran yang masih tinggi, sehingga disarankan pembudidaya untuk mungkultur probiotik agar biaya pembelian probiotik dapat ditekan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP.50/16 Kur a
Uncontrolled Keywords: Probiotik, (Bacillus sp), Budidaya Udang Vannamei, (Litopenaeus vannamei)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SIRAJUDDIN KURNIAWAN, 141211133075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKustiawan Tri Pursetyo, S.Pi., M.VetUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 07 May 2016 05:38
Last Modified: 14 Jun 2017 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30503
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item